Budi Waseso. (JIBI/Solopos/Antara) Caption : Budi Waseso. (JIBI/Solopos/Antara)
Selasa, 28 April 2015 15:30 WIB Dika Irawan/JIBI/Bisnis Hukum Share :

Bareskrim akan Ungkap 3 Korupsi Triliunan Rupiah, Apa Itu?

Bareskrim Polri menyatakan akan mengungkap tiga kasus korupsi besar.

Jatengpos.com, JAKARTA — Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso mengaku pihaknya tengah menangani tiga kasus korupsi besar bernilai triliunan rupiah. Sayangnya, dia enggan menyebut rinci kasus yang dimaksud.

“Yang jelas jumlahnya bisa mencapai triliunan [rupiah]. [Detailnya berapa] Nanti, yang menentukan bukan saya. Tiga-tiganya [kasus korupsi itu],” kata Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Budi Waseso masih merahasiakan siapa saja yang terlibat dalam kasus tiga korupsi itu. Dia hanya menyebut itu merupakan kasus besar mulai dari yang terlibat hingga besaran nilai korupsinya. “Nanti, kita buktikan ya,” kata mantan Kapolda Gorontalo itu.

Budi Waseso mengatakan kasus tiga korupsi besar itu dilaporkan tak lama saat dirinya menjabat Kabareskrim. Karena itu, dia mengakui kasus itu benar-benar baru ditangani penyidiknya.

Kendati demikian, dia tak mau terburu-buru menggarap kasus korupsi tersebut. Menurut Budi Waseso, dalam penanganan tiga kasus korupsi ini, pihaknya tak mau tergesa-gesa. “Harus bulat-bulat artinya jangan sampai nanti kita berikan tersangka ternyata belum tentu tersangka,” katanya.

Dia mengatakan ketiga kasus tersebut hingga saat ini sudah siap naik ke tahap penyidikan dan sudah ditemukan calon tersangka. “Tiga kasus ini tak ada saling hubungan, berdiri sendiri-sendiri,” kata Buwas.

Dalam waktu dekat, Bareskrim akan berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memastikan apakah kasus tersebut sudah ditangani atau belum. “Jadi nanti kita menetapkan tersangka, KPK juga sudah tahu. Karena tidak menutup kemungkinan salah satu kasus yang mau saya ungkap ini sudah pernah ditangani KPK.”

“Ada, mungkin yang sudah diadukan juga ke KPK, makanya saya akan menyampaikan ke KPK,” katanya.

Pada Februari lalu, Budi Waseso pernah menyatakan akan mengungkap kasus besar. Namun saat itu, Kabareskrim belum menyebutkan detail kasus tersebut.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply