Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Tangerang, Banten berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Banten, di Serang, Senin (22/12/2014). Mereka mendesak Gubernur merevisi penetapan upah minimum kota (UMK) Tangerang dari Rp2,7 juta menjadi Rp3,1 juta. (JIBI/Solopos/Antara/Asep Fathulrahman) Caption : Buruh menuntut revisi UMK, Senin (22/12/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Asep Fathulrahman)
Kamis, 30 April 2015 21:05 WIB JIBI/Solopos/Detikcom Madiun Share :

HARI BURUH
Apes, Mau Demo Malah Ditilang Polisi

Hari buruh yang diperingati sebagian aktivis buruh di Surabaya bernasib apes. Penyebabnya, truk yang mereka tumpangi malah ditilang polisi. Hadehh…

Jatengpos.com, SURABAYA –Apes benar nasib aktivis buruh di Surabaya. Rencana mereka untuk merayakan hari buruh Nasional 1 Mei di Gedung Grahadi harus berujung kandas. Penyebabnya, truk yang mereka tumpangi dicegat polisi di tengah jalan dan kena tilang. Maklum saja, truk yang mereka gumpangi adalah jenis trailer yang memang dilarang masuk kota.

“Sesuai peraturan, truk tidak boleh masuk kota,” kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Made Agus Prasatya kepada detikcom, Kamis (30/4/2015).

 

Agus mengatakan pihaknya sebelumnya sudah memberikan peringatan agar truk berbadan besar tidak digunakan saat unjuk rasa. Namun buruh tetap bersikukuh membawa truk bernopol B 9394 XQ tersebut.

 

Penilangan tersebut, kata Agus, sempat diprotes oleh para buruh dengan alasan bahwa unjuk rasa sebagai penyampaian aspirasi itu dilindungi oleh undang-undang. Tetapi Agus tetap bersikukuh melakukan penilangan karena sudah sesuai dengan undang-undang.

 

“Penilangan ini juga sebagai peringatan agar tidak mengulangi lagi membawa truk berbadan besar ke tengah kota, meski dengan alasan demo,” tandas Made.

 

Sebelum melakukan aksi besar-besaran pada hari buruh besok, massa buruh melakukan pemanasan dengan unjuk rasa berskala tidak besar hari ini. Massa dari luar Surabaya ini menuju Grahadi menyuarakan tuntutannya. Namun buruh tidak ditemui Gubernur Jatim karena Soekarwo sedang tidak ada di Surabaya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply