Ilustrasi kepala botak karena rambut rontok (Detik.com/Putro Agus Harnowo) Caption : Ilustrasi kepala botak karena rambut rontok (Detik.com/Putro Agus Harnowo)
Rabu, 29 April 2015 05:40 WIB JIBI/Solopos/Newswire Kesehatan Share :

HASIL PENELITIAN
Pria Botak Lebih Berpotensi Kena Kanker Prostat!

Hasil penelitian menyebutkan pria botak lebih berpotensi kena kanker prostat.

Jatengpos.com, JAKARTA — Lelaki yang mengalami kebotakan, 56 persen lebih mungkin mengalami kanker prostat, dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah serupa, berdasarkan sebuah studi.

Sebagaimana ditulis Live Scince yang dikutip Kantor Berita Antara, Selasa (28/4/2015), disebutkan dalam studi yang dipresentasikan dalam pertemuan American Association for Cancer Research di Philadelphia itu, para peneliti menganalisa informasi pada lebih dari 4.000 orang laki-laki berusia 25 hingga 74 tahun.

Hasil studi memperlihatkan, laki-laki yang mengalami kebotakan hebat bahkan berisiko 83 persen menderita kanker prostat dibandingkan mereka yang tidak mengalami kebotakan.

Para peneliti mengatakan, temuan ini mendukung hipotesis yang menyatakan proses biologis mempengaruhi kebotakan dan kanker prostat. Satu teori menyatakan, hormon laki-laki (testosteron) memainkan peran dalam hal ini.

Laki-laki yang mengalami kebotakan memiliki level homon testosteron lebih tinggi. Hormon ini berperan dalam pertumbuhan sel kanker prostat.

Kendati begitu, menurut salah satu peneliti studi, Cindy Zhou, terlalu dini merekomendasikan para laki-laki melakukan pemeriksaan berdasarkan temuan ini.

Zhou mengungkapkan, jika temuan ini dikonfirmasi, kebotakan pada laki-laki dapat digunakan sebagai indikator perkembangan kanker prostat.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply