Pialang mengamati pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Kantor Pusat Bank BNI Jakarta, Kamis (10/4/2014). IHSG pada penutupan perdagangan Kamis ini turun 155,68 poin atau 3,16% ke level 4.765,73, koreksi paling tajam terjadi pada sektor properti, konstruksi, dan real estat, yakni sebesar 6,47%. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis) Caption : Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)
Kamis, 30 April 2015 17:00 WIB Lavinda/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

IHSG ANJLOK
JK Klaim Ekonomi Global Jadi Biang Kerok

IHSG yang anjlok tajam diklaim pemerintah disebabkan karena pengaruh ekonomi global.

Jatengpos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengklaim pelemahan ekonomi global menjadi penyebab utama menurunnya kinerja emiten kuartal I/2015 dan penurunan kinerja saham beberapa waktu terakhir.

Menurut Jusuf Kalla, perlambatan ekonomi regional dan dunia menyebabkan harga komoditas turun dan pendapatan masyarakat merosot. “Otomatis kinerja perusahaan menurun karena penjualan barang dan jasa pasti menurun. Bukan hanya emiten, perusahaan yang tidak publik juga,” katanya di Gedung Kementerian Keuangan, Kamis (30/4/2015).

Dia menegaskan melesunya kinerja emiten dan kinerja saham nasional disebabkan masalah yang bersifat universal. Menurut dia, tak ada satu pun negara yang sanggup mengupayakan pertumbuhan ekonomi yang ekstra tinggi.

“China menurun, Jepang, Singapura, dan Malaysia juga. Indonesia bisa tumbuh lumayan malah, bisa lebih dari 5%,” sebutnya.

Kendati mayoritas kinerja perusahaan nasional mengalami perlambatan, pengusaha pemilik Kalla Grup itu tetap optimis bisa mencapai pertumbuhan ekonomi 2015 sesuai target 5,7%.

Salah satu upaya yang dilakukan, Jusuf Kalla mengimbau jajaran pemerintah mempercepat penyaluran anggaran belanja guna menstimulus pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pemerintah harus membuka jalur penerimaan investasi lebih besar dan mudah sehingga aliran dana masuk ke Indonesia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply