Caption :
Kamis, 30 April 2015 03:25 WIB Balap Share :

MOTOGP SERI KEEMPAT
Bridgestone Anjurkan Ban Belakang Asimetris

MotoGP seri keempat yang akan digelar di sirkuit Jerez, Spanyol, memiliki lintasan khas. Bridgestone anjurkan ban belakang asimetris.

Jatengpos.com, JEREZ— Brigdestone selaku pemasok utama ban MotoGP siap memberikan layanan terbaik di GP Spanyol, di Sirkuit Jerez, Minggu (3/5/2015). Produsen ban asal Jepang ini menilai sirkuit sepanjang 4,4 km tersebut membutuhkan ban yang tak gampang aus. Maka dari itu, Bridgestone menyarankan khusus ban belakang jenis asimetris bagi para pembalap.

Bridgestone memaparkan Jerez memiliki sejumlah titik yang bisa digunakan untuk melancarkan aksi overtaking. Terdapat delapan tikungan di kanan dan lima corner di kiri. Kondisi ini menuntut ban yang tahan lama agar tak cepat aus.

Dengan demikian, mereka menganjurkan penggunakan ban belakang asimetris. Ban jenis ini memiliki keunggulan, yakni dilapisi karet softer di bagian kiri untuk mendapatkan grip bagus serta mengatasi tikungan lambat dan harder di kanan demi memperoleh stabilitas kecepatan.

Dilansir MotoGP, Rabu (29/4/2015), bagi tim pabrikan seperti Honda dan Yamaha disarakan menggunakan ban medium dan ban belakang asimetris keras. Sedangkan bagi tim terbuka dan factory 2 bisa memakai ban soft dan ban belakang asimetris medium. Namun demikian, Brigdestone juga menyediakan ban depan jenis soft, medium, dan keras.

Trek di Jerez bisa berubah ekstrem jika dalam keadaan basah. Maka dari itu, komposisi ban keras jadi pilihan utama, akhir pekan ini. Tapi, ban depan jenis soft juga bisa dijadikan alternatif dan ekstra keras untuk ban belakang.

“Jerez adalah salah satu venue terbesar MotoGP. Selain itu, antusiasme fans yang datang begitu besar. Ini merupakan sirkuit tempat Honda menang dalam tiga musim terakhir. Tapi, musim ini banyak tim pabrikan yang sangat kuat sehingga susah untuk menentukan siapa pemenangnya,” papar Manager Olahraga Bridgestone, Hiroshi Yamada.

Sementara itu, Manajer Pengembangan Ban Bridgestone, Shinji Aoki, menambahkan Jerez memiliki layout yang variatif, termasuk tikungan yang cepat dan lambat. Selain itu, permukaan lintasan cukup smooth menuntut kestabilan motor plus kondisi ban yang punya daya tahan tinggi.

“Tantangan lain adalah cuaca di lintasan akhir pekan ini kemungkinan panas. Maka dari itu, alokasi ban yang dipilih harus bisa tahan dengan suhu ini,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Produsen ban MotoGP, Bridgstone, menyiapkan ban terbaik di seri keempat Jerez. Ist/ultimatemotorcycl

Produsen ban MotoGP, Bridgstone, menyiapkan ban terbaik di seri keempat Jerez. Ist/ultimatemotorcycl

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply