Caption : Tengkorak terbesar dinosaurus di dunia (Shanghaiist.com)
Rabu, 29 April 2015 08:40 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Sains Share :

PENEMUAN TERBARU
Fosil Tengkorak Terbesar Dinosaurus Dijual Rp23,3 Miliar

Penemuan terbaru fosil tengkorak terbesar akan dijual seharga Rp23,3 miliar. Fosil tengkorak itu kini tengah berada di Hong Kong.

Jatengpos.com, SOLO – Sebuah fosil tengkorak terbesar dinosaurus terdapat di Hong Kong. Kini fosil tersebut akan dijual dengan harga US$1,8 juta atau setara dengan Rp23,3 miliar.

Seperti dilansir Shanghaiist.com, Senin (27/4/2015), fosil itu milik dinosaurus jenis triceratops. Fosil tengkorak itu memiliki panjang 2,8 meter, tinggi 1,6 meter, dan lebar 1,4 meter. Sementara beratnya mencapai 600 kilogram.

Fosil itu ditaksir merupakan tengkorak milik dinosaurus triceratops yang hidup 65 juta tahun lalu. Fosil yang dijuluki The Dragon King (Long Wong) itu masih memiliki komponen lengkap. Kelengkapan tengkorak itu diperkirakan lebih dari 95%. Kabarnya fosil itu akan dijual untuk swasta dan bisa dijadikan koleksi pribadinya.

Kabar itu cukup mengejutkan, mengingat biasanya sebuah fosil jarang dijual untuk swasta dan menjadi koleksi pribadi. Rumornya, tengkorak itu juga telah menjadi milik pribadi sebelum dibawa ke Hong Kong dari Montana.

“Fosil yang dijual untuk kemudian disimpan dalam koleksi pribadi tidak dapat dipercaya oleh ahli paleontology.  Mereka hanya mengenal penelitian tentang fosil yang dipublikasikan di museum atau lembaga sejenis,” kata Dr Michael Pittman, seorang peneliti dari University of Hong Kong.

Fosil tengkorak dinosaurus itu kali pertama ditemukan seorang peternak di Montana pada 1992. Namun, para pemburu fosil baru menggalinya pada 2003 lalu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply