Warga menggunakan hak suara pada pemungutan suara ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Dukuh, Mojolaban, Sukoharjo, Kamis (17/7/2014). Pemungutan suara ulang tersebut digelar karena adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014, Rabu (9/7/2014) lalu. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos) Caption : Ilustrasi (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)
Kamis, 30 April 2015 12:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

PILKADA SLEMAN
Pendaftar Kurang, Rekruitmen PPK Diperpanjang

Pilkada Sleman akan membutuhkan tenaga PPK. Pendaftaran telah dimulai dan diperkirakan akan diperpanjang karena jumlah pendaftar kurang

Jatengpos.com, SLEMAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman akan memperpanjang pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jika jumlah pendaftar belum memenuhi target.

Berdasarkan jadwal, pengambilan dan pengembalian formulir dilaksanakan mulai 27-30 April. Namun jika sampai Kamis (30/4/2015) jumlah pendaftar belum mencukupi maka akan diperpanjang hingga Rabu (6/5/2015).

“Yang ambil formulir di KPU sampai Rabu pukul 16.00 WIB ada 101, sedangkan yang mengembalikan formulir berkas baru 26 pendaftar. Sementara berdasarkan informasi yang diterima, yang ambil formulir di kecamatan ada 15 tapi kepastiannya baru besok Kamis,” kata Ketua KPU Sleman, Ahmad Shidqi, saat berkunjung ke kantor redaksi Harian Jogja, Rabu (29/4/2015).

Menurutnya angka jumlah pendaftar yang mengembalikan formulir berkas itu masih terlalu kecil mengingat target PPK terpilih di masing-masing kecamatan adalah lima orang. Dengan kata lain, KPU harus mampu menjaring 85 anggota PPK terpilih dalam Pilbup yang rencananya digelar 9 Desember nanti.

Lebih lanjut Shidqi menjelaskan, masih minimnya angka pendaftar PPK dapat dikarenakan perubahan persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satu perbedaan persyaratan rekruitmen PPK tahun 2015 dengan Pilbup sebelumnya adalah pendaftar belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK.

Perubahan itu dapat dimungkinkan menghalangi keinginan pendaftar yang ingin mencalonkan lagi namun sebelumnya pernah menjabat sebagai PPK selama dua kali.

Setelah pendaftar mengembalikan formulir, tahap selanjutnya adalah penelitian administrasi yang dilaksanakan mulai 1-3 April.

Pengumuman hasil penelitian administrasi pada 4 Mei, proses seleksi tertulis pada 6 Mei, pengumuman hasil seleksi tertulis pada 8 Mei, proses seleksi wawancara, dan berakhir pada penetapan dan pengumuman anggota PPK terpilih pada 18 Mei.

Shidqi berharap agar Harian Jogja sebagai salah satu media cetak di Jogja mampu mengawal jalannya Pilkada hingga Desember nanti.

Menanggapi hal itu, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Abu Nadhif menyatakan siap menjalin kerja sama dengan KPU Sleman. “Harian Jogja terbuka dalam menjalin sinergi dengan KPU Sleman dalam rangka Pilkada. Adanya rubrik khusus Pilkada juga sudah dipikirkan dalam redaksi,” katanya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply