Caption : Foto tersangka tahanan Polres Sleman yang kabur. (foto istimewa /AKP Anggaito)
Rabu, 29 April 2015 19:39 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

TAHANAN KABUR
Jebol Teralis, Tahanan Polres Sleman Kabur

Tahanan kabur terjadi di Polres Sleman, seorang tahanan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba kabur dengan menjebol teralis besi

Jatengpos.com, SLEMAN – Seorang tahanan kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu diketahui kabur dari ruang tahanan Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman Rabu (29/4/2015) dinihari.

Tahanan bernama Agung, 22, warga Trihanggo, Gamping, Sleman itu membebaskan dirinya, setelah memotong teralis besi di bagian belakang ruang tahanan.

Sebelumnya, Agung ditangkap Satresnarkoba Polres Sleman pada 10 April 2015 karena dugaannya sebagai pengedar narkoba. Saat digerebek dengan disaksikan pengurus RT dan RW, petugas sempat kesulitan mendapatkan barang bukti.

Akhirnya petugas mendapatkan dua paket sabu dan peralatan hisap yang disimpan di dalam bunker kecil tepat berada di bawah almari plastik di kamarnya.

Agung menutup sabu di dalam bunker kecil dengan satu ruas lantai keramik agar seperti lantai pada umumnya. Istri Agung sempat menghalangi-halangi petugas saat melakukan penggerebekan dan berusaha membuang ponsel milik suaminya.

Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnain menjelaskan Agung diketahui sudah tidak berada di dalam tahanan sekitar pukul 04.00 WIB. Ia memperkirakan tahanan itu kabur antara pukul 01.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Pasalnya sekitar pukul 01.00 WIB, anggotanya memastikan bahwa Agung masih berada di dalam sel.

“Baru diketahui tadi pagi. Jam 1 anggota mengecek dan menghitung masih lengkap. Tapi saat jam 4 dihitung lagi ternyata [tahanan] hilang satu,” ungkapnya saat ditemui di Mapolres Sleman.

Saat kejadian tersebut ada tujuh petugas yang berjaga di tahanan Satresnarkoba. Kendati demikian Agung keluar melalui teralis bagian belakang ruang tahanan ketiga penjaga sedang lengah.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata dia, dugaannya ada keterlibatan orang luar yang membantu memotong teralis besi. Mengingat letak teralis besi itu langsung terhubung dengan sebuah jalan atau gang kampung.

Selain itu petugas tidak menemukan adanya peralatan untuk memotong seperti gergaji di dalam sel. Teralis yang dipotong itu hanya satu ruas saja kemudian dibengkoknya setelah berhasil dipotong.

Posisi teralis berada di bagian atap, tepatnya di ruang terbuka dalam sel yang berfungsi sebagai tempat menjemur pakaian dan berolahraga bagi tahanan. Model ruang tahanan Satresnarkoba Polres Sleman memanjang ke belakang dibagi dalam beberapa sel seperti tempat tidur, kamar mandi dan tempat menjemur yang kemudian terdapat pintu utama yang terkunci dan dijaga petugas di bagian depan.

“Memotong teralis besi yang ada di bagian belakang. Ada dugaan bukan pelaku yang memotong, tapi orang luar. Karena di belakang ada jalan raya, orang dari luar membantu,” ungkapnya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply