Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok) Caption : Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)
Jumat, 1 Mei 2015 04:10 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Boyolali Share :

PILKADA BOYOLALI 2015
Peminat Anggota PPK Membeludak di Hari Terakhir

Pilkada Boyolali 2015 semakin dekat. KPU akhirnya bisa memenuhi angka ideal jumlah PPK.    

Jatengpos.com, BOYOLALI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali akhirnya bisa memenuhi angka ideal jumlah pendaftar anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015.

Hingga penutupan pendaftaran anggota PPK di Kantor KPU Boyolali, Kamis (30/4/2015) pukul 16.00 WIB, jumlah pendaftar mencapai 190 orang. “Ini membeludak di hari terakhir,” kata Anggota KPU Boyolali, Ali Fachrudin, kepada Solopos.com, Kamis.

Sebelumnya KPU sempat khawatir karena pada empat hari pertama pendaftaran, jumlah peminat sangat minim. Pada Selasa (28/4/2015), jumlah pendaftar baru 35 orang. Kemudian pada Rabu (29/4/2015) jumlah pendaftar bertambah menjadi 60 orang.

“Sebelumnya kami sudah berkomunikasi dengan camat dan pemerintah daerah agar mendorong warganya untuk ikut aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Akhirnya, sampai sore ini sudah ada 190 orang yang akan mengikuti seleksi calon anggota PPK,” papar Ali.

KPU langsung menyeleksi administrasi calon anggota PPK pada Jumat (1/5/2015). Peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti ujian tertulis pada Senin (4/5/2015) di SMA 3 Boyolali. Setelah ujian tertulis, ada tes wawancara. “Kemudian 11 Mei sudah ada 95 anggota PPK terpilih untuk 19 kecamatan,” imbuh Ali.

Saat ini, KPU juga sudah mulai mengumumkan dan menyebar formulir ke desa-desa untuk pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS). KPU meminta Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berkomunikasi untuk mengirimkan enam nama calon anggota PPS. Administrasi enam nama calon PPS akan diverifikasi. KPU juga akan mengumumkan nama-nama calon PPS ke publik untuk mendapatkan masukan dari masyarakat. “Prosesnya hampir sama dengan pemilihan PPK. Nanti setiap desa akan ada lima anggota PPS.”

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Boyolali untuk Pilkada 2015 dipegang Narko Nugroho, dengan dua Anggota Panwaslu yakni Taryono dan Rubiyanto. Panwaslu sudah mengumumkan perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Rabu kemarin. Pendaftaran anggota Panwascam akan dibuka 12 Mei mendatang sehingga pada akhir Mei Panwascam di 19 kecamatan sudah terbentuk. “Untuk Panitia Pengawas Lapangan [PPL] masih menunggu ketentuan lebih lanjut,” kata Narko.

Menurut Narko, seleksi Panwascam berbeda dengan PPK. Seleksi Panwascam lebih terbuka dengan persyaratan utama pendidikan minimal SMA atau usia minimal 25 tahun.

 

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply