Raihan Medali Indonesia di ABG 2016 (Info.ABG2016.com) Caption : Raihan Medali Indonesia di ABG 2016 (Info.ABG2016.com)
Rabu, 28 September 2016 20:35 WIB Jumali/JIBI/Harian Jogja Umum Share :

ABG 2016
Anggaran Sebagian Diserahkan di Vietnam

ABG 2016 menjadi pembuktian bagi kontingen Indonesia.

Jatengpos.com, JAKARTA — Kementerian Pemuda dan Olahraga menyerahkan sebagian anggaran untuk kontingen Indonesia yang berlaga dalam kejuraan olahraga Asian Beach Games 2016 di Da Nang, Vietnam.

“Kami langsung membawa uang muka terlebih dulu kepada mereka pada Senin (26/9/2016). Sementera, kontingen Indonesia menggunakan dana dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI),” kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S. Dewa Broto selepas menerima kunjungan mahasiswa IKIP PGRI Bali di Jakarta, dikutip dari laman Antara, Rabu (28/9/2016).

Gatot mengakui kegiatan yang dilaksanakan oleh KOI seringkali menggunakan anggaran KOI terlebih dulu sebelum diganti oleh Kemenpora.

“Kegiatan kontingen Indonesia dalam Asian Beach Games V itu tidak terganggu meskipun anggaran dari kami untuk mereka menjadi Rp6 miliar dari nilai semula Rp40 miliar,” ujar Gatot.

Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu mengatakan sisa anggaran yang akan diberikan kepada kontingen Indonesia akan menyusul setelah Kemenpora merevisi perubahan penggunaan anggaran dari nilai semula Rp40 miliar menjadi Rp6 miliar.

“Kami semula menargetkan sekitar 200 atlet yang akan dikirim ke Asian Beach Games itu. Tapi, kontingen Indonesia mengirim sekitar 60 orang atlet,” kata Gatot merujuk pada pelaksanaan Asian Beach Games yang bersamaan dengan Pekan Olahraga Nasional XIX.

Gatot mengharapkan dana pelaksanaan kegiatan-kegiatan olahraga berikutnya tidak akan lagi ditalangi oleh KOI tapi akan langsung menggunakan anggaran Kemeporan.

“Logikanya, KOI juga mengeluarkan dana tidak lebih dari angka yang telah kami janjikan kepada mereka,” kata Gatot.

Kontingen Indonesia menambah perolehan satu medali emas dari cabang dayung pantai Asian Beach Games V atas nama Chelsea Corputi.

Pada Kamis (22/9), Gatot mengakui keterbatasan pengiriman kontingen Indonesia dalam pesta olahraga Asian Beach Games (ABG) V yang digelar di Danang, Vietnam pada 24 September-3 Oktober 2016.

“Kami akui hampir saja kontingen Asian Beach Games ini dikirim dalam kondisi yang minimalis menyusul keterbatasan anggaran. Kami semula memperkirakan hanya mengirim satu atau dua cabang olahraga,” ujar Gatot.

Baru Raih Enam Medali 

Sementara berdasarkan laman resmi ABG2016, sampai hari kelima pelaksanaan pertandingan, Indonesia belum mampu menyodok sepuluh besar klasemen daftar perolehan medali. Kontingen Indonesia masih berada diperingkat ke-16 dengan raihan total 6 medali, yang terdiri atas 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Adapun perincian medali yang diraih oleh kontingen Indonesia adalah emas diraih oleh Chelsea Corputty di nomor beach rowing, dua perak di cabang pencak silat dan 3 perunggu diraih di cabang woodball dan sepak takraw.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply