Kondisi Taman Cerdas Gandekan yang tegenang air luapan Kali Buntung, Rabu (28/9/2016) pagi. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) Caption : Kondisi Taman Cerdas Gandekan yang tegenang air luapan Kali Buntung, Rabu (28/9/2016) pagi. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)
Rabu, 28 September 2016 21:00 WIB Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos Solo Share :

BANJIR SOLO
Tergenang, Taman Cerdas Gandekan Libur

Banjir Solo terjadi Rabu (28/9/2016) pagi setelah seharian Soloraya diguyur hujan deras.

Jatengpos.com, SOLO — Hujan mengguyur Kota Solo pada Selasa (27/9/2016) malam menimbulkan genangan setinggi mata kaki di halaman Taman Cerdas Kelurahan Gandekan. Aktivitas para pelajar pun diliburkan hingga waktu yang tak ditentukan.

Menurut pantauan Solopos.com di lapangan, air setinggi betis orang dewasa menggenang di jalan depan taman cerdas. Di bagian depan pagar terpasang bambu menjadi pembatas antara jalan dan selokan. Selokan sepanjang 70 meter itu belum memiliki penutup. Dipasangnya pembatas dari bambu untuk mengantisipasi anak-anak bermain air terperosok ke dalam selokan.

“Kedalaman selokan itu sekitar 70 cm. Kalau ditambah dengan ketinggian genangan sekitar 30 cm, seorang anak kecil yang terperosok bisa tenggelam,” kata Makmur Budianto, pengelola keamanan dan jaga malam Taman Cerdas Gandekan saat berbincang dengan Jatengpos.com, Rabu (28/9).

Makmur mengatakan hujan yang mengguyur Kota Solo sejak semalam mengakibatkan genangan di halaman. Selain meliburkan aktivitas, ia pun harus mengevakuasi seribuan eksemplar buku ke lantai II masjid di sebelah gedung perpustakaan. Sebanyak 7 unit komputer juga dipindahkan ke atas anjang-anjangsetinggi 2,5 m dari lantai yang ada di dalam ruangan.

“Saya pasang anjang-anjang karena banjir saat Puasa itu tingginya sampai 1,5 meter. Saya juga menaikkan beberapa panel listrik yang ada di tembok supaya tak terkena air saat banjir,” tutur Makmur.

Makmur menuturkan aktivitas di taman cerdas diliburkan hingga waktu yang tidak ditentukan. Setiap hari, taman cerdas dikunjungi sekitar 25 anak-anak baik mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

Sartoto, pengelola kebersihan Taman Cerdas Gandekan, mengatakan ia bersama tiga rekannya bersiaga di taman cerdas mengantisipasi kemungkinan terburuk. Mereka akan terus bersiaga siang dan malam hingga situasi dinyatakan aman.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply