Pasukan ISIS. (Independent.co.uk) Caption : Pasukan ISIS. (Independent.co.uk)
Rabu, 28 September 2016 18:30 WIB JIBI/Solopos/Antara Hukum Share :

Kirim WNI ke ISIS, 4 Orang Ditangkap

Empat orang ditangkap karena mencoba mengirim WNI ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Jatengpos.com, JAKARTA — Polisi menetapkan empat tersangka dalam kasus upaya pemberangkatan warga negara Indonesia (WNI) ke Suriah untuk bergabung dengan Islamic State in Iraq and Syria (ISIS). Bahkan, salah satunya sudah tiga kali memberangkatkan orang ke Suriah.

“Para tersangka tersebut adalah ANF, A, W dan AR alias Abu Fauzan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Boy mengatakan awalnya polisi menangkap tujuh WNI yang diduga hendak berangkat ke Suriah. Mereka ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/9/2016) lalu. Dari ketujuh orang tersebut, hanya tiga yang ditetapkan sebagai tersangka yakni ANF, A, dan W.

Selanjutnya pada Rabu (28/9/2016) pagi, polisi menangkap AR alias Abu Fauzan di Bekasi, Jawa Barat. Abu Fauzan diduga berperan mengatur keberangkatan para WNI yang hendak ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. “Abu Fauzan telah ditetapkan sebagai tersangka dan sekarang masih diperiksa,” katanya.

Dalam pemeriksaannya, selain sebagai fasilitator pemberangkatan WNI, terungkap bahwa Abu Fauzan juga memberikan motivasi dan pembekalan kepada para WNI sebelum mereka diberangkatkan ke Suriah. “Dia memberikan motivasi dan pembekalan jawaban-jawaban bohong apa yang harus dikemukakan untuk mengantisipasi kalau para WNI tertangkap,” katanya.

Sementara polisi masih mengusut kemungkinan ada pihak lain yang menyuruh Abu Fauzan memberangkatkan WNI ke Suriah. “Masih didalami perannya, apa dia bekerja sendiri, apa disuruh,” katanya.

Abu Fauzan tercatat setidaknya telah tiga kali memberangkatkan WNI ke Suriah untuk bergabung dengan organisasi radikal ISIS. “Ada minimal tiga pemberangkatan yang berhasil lolos, diantaranya Oktober, Nopember 2015 dan Januari 2016,” kata Boy Rafli Amar.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply