Berwisata dengan Becak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Caption : Berwisata dengan Becak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Jumat, 30 September 2016 00:20 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

PERTUMBUHAN EKONOMI
Meningkat, Nilai Kunjungan Wisman Capai Rp360 Triliun

Pertumbuhan ekonomi di Jogja diperkuat sektor pariwisata.

Jatengpos.com, SLEMAN — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) semakin menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata. Nilai ekonomi dari kunjungan wisatawan asing pun mencapai Rp360 triliun dalam satu tahun.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan, kajian dari neraca satelit pariwisata daerah menunjukkan nilai ekonomi dari kunjungan wisatawan mancanegara di DIY cukup tinggi mencapai Rp360 triliun.

“Nilai tersebut terdiri dari dampak langsung, tidak langsung, dan ikutan,” kata dia ketika ditemui di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sleman, Selasa (27/9/2016).

Ia menjelaskan, dampak langsung yang didapat misalnya pemasukan ke hotel tempat mereka tinggal, restoran, biro perjalanan, hingga moda transportasi seperti pesawat. Dampak tak langsung yang dimaksud misalnya penggunaan produk pertanian dan peternakan di DIY untuk memenuhi kebutuhan wisatawan selama berada di DIY, sedangkan dampak ikutan adalah munculnya usaha mikro kecil menengah seperti kerajinan, fashion yang terpicu oleh tingginya kunjungan.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply