Caption : Partnerships Manager Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, saat memaparkan kerja sama Twitter dengan Pemprov Jateng melalui Twitter Kemala di Hotel Gumaya, Semarang, Rabu (28/9/2016) malam.
Kamis, 29 September 2016 13:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Twitter Pilih Pemprov Jateng Jadi Pilot Project Twitter Kemala, Ini Alasannya...

Jejaring sosial Twitter Indonesia memilih Pemprov Jateng sebagai proyek percontohan program Twitter Kemala

Jatengpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mengumumkan kerja samanya dengan perusahaan jejaring sosial Twitter guna meningkatkan pelayanan dan interaksi dengan warga melalui Twitter Kelola Melantas Layanan (Kemala). Pilihan Twitter Indonesia ini membuat Pemprov Jateng menjadi pemerintah daerah di Indonesia yang kali pertama akan menggunakan Twitter Kemala.

Country Bussines Head Twitter Indonesia, Roy Simanugsong, menjelaskan alasan Pemprov Jateng dipilih sebagai pilot project Twitter Kemala. Roy menilai masyarakat Jateng selama ini terbilang aktif dalam menggunakan jejaring sosial Twitter untuk berinteraksi pemerintah daerahnya, termasuk kepala daerah, yakni Gubernur Ganjar Pranowo.

“Dari catatan kami selama tiga hari terakhir ada sekitar 22.000 tweet yang dikirim masyarakat Jateng ke Pak Ganjar. Jumlah itu menurut kami sangatlah tinggi dan menunjukkan tingkat kepedulian mereka terhadap pemerintah di daerahnya,” ujar Roy saat menggelar jumpa pers terkait kerja sama Twitter Indonesia dengan Pemprov Jateng di Hotel Gumaya, Semarang, Rabu (28/9/2016) malam.

Roy menjelaskan Twitter Kemala merupakan sistem navigasi atau solusi layanan publik yang dibuat Twitter untuk mempermudah komunikasi antara pemerintah dan warganya. Mereka yang hendak mengadu atau menyampaikan informasi terkait pemerintah Jateng bisa langsung men-twett dengan menggunakan hastag  atau tagar #KemalaJateng agar direspons langsung oleh instansi terkait.

Bahkan, untuk menyampaikan tweet itu masyarakat tidak perlu lagi menyebutkan nama instansi yang dimaksud. Mereka hanya perlu menuliskan #KemalaJateng pada kicauannya di Twitter untuk kemudian didelegasikan ke instansi yang dimaksud.

“Dengan layanan ini tentunya akan lebih mempercepat proses pelayanan Pemprov Jateng kepada publik. Masyarakat juga akan puas karena keluhannya akan langsung direspons,” imbuh Roy.

471.000 Tweet
Partnerships Manager Twitter Indonesia, Teguh Wicaksono, yakin Twitter Kemala akan menjadi solusi masyarakat untuk mendapatkan layanan publik yang didambakan. Terlebih lagi saat ini banyak masyarakat Jateng yang tergolong aktif menggunakan jejaring sosial Twitter.

“Bahkan selama satu bulan terakhir ini kami mencatat ada sekitar 471 ribu tweet yang dikirim masyarakat terkait pelayanan pemerintah di Jateng. Lima topik yang paling sering disebut, yakni pak ganjar, jateng, desa, jalan, dan mohon. Itu jadi bukti betapa serunya Twitter di Jateng,” beber Teguh.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyambut baik kerja sama itu. Apalagi selama ini Twitter telah menjadi jembatan komunikasi antara warga Jateng dengan pemerintah, termasuk dirinya melalui akun pribadinya di @ganjarpranowo.

“Selama ini warga men-tweet pertanyaan, laporan, atau keluhan kepada saya maupun masing-masing institusi terkait. Twitter memang merupakan platform yang sesuai untuk meluncurkan inisiatif e-governance pertama kami yang terkait dengan pelayanan publik. Melalui Twitter, kami dapat dengan cepat merespons dan bertindak terhadap kebutuhan warga Jawa Tengah, di mana pun mereka berada,” beber Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply