Caption : Jurgen Klopp (Reuters / Lee Smith)
Sabtu, 1 Oktober 2016 01:10 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Inggris Share :

Liverpool Cemerlang, Klopp Beberkan Resep

Liga Inggris diwarnai dengan laju cemerlang Liverpool.

Jatengpos.com, LIVERPOOL – Liverpool tengah dalam laju bagus di awal musim ini. Jurgen Klopp menyebut tak ada taktik spesial. Namun dia menegaskan ini berkat kerja keras semua orang di internal tim, lantaran Klopp memang menginginkan hal tersebut.

Liverpool saat ini mengoleksi 13 poin dari enam laga di Liga Premier Inggris. Mereka mencatatkan empat kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. The Reds menduduki posisi keempat klasemen, tertinggal lima poin dari Manchester City yang mencatatkan hasil sempurna.

Menariknya, empat kemenangan yang dicatatkan Liverpool diraih atas sejumlah tim besar. Arsenal, Leicester City, dan Chelsea berhasil mereka tumbangkan. Sementara Tottenham Hotspur mereka imbangi di White Hart Lane. Satu-satunya aib Liverpool adalah kalah dari Burnley.

Beberapa kalangan menyebut filosofi gegenpressing yang diagagas Klopp telah melekat pada Liverpool. The Reds memang bermain dengan aktraktif dan penuh dengan determinasi. Mereka juga sangat produktif dengan 16 gol, tersubur kedua setelah pemuncak klasemen, Manchester city.

Klopp lantas membeberkan resepnya dalam pelatihan Liverpool. Dia menyebut kompetisi internal antarpemain membuat para pemain gigih untuk memeperebutkan tempat utama. Hal itu lah yang membuat Klopp kerap mengikutkan sejumlah pemain muda ke tim senior.

Dengan begitu, atmosfer persaingan di tim akan ketat dan mendorong pemain berbuat lebih. Selain itu, Liverpool diuntungkan dengan tak ikut di kompetisi Eropa. Kloppp pun leluasa meracik komposisi tim sepekan penuh.

“Mereka semua terlibat sepanjang waktu, begitulah cara kerjanya. Dengan tidak ada laga turnamen di tengah pekan, kami selalu punya sepekan untuk latihan dan kami bekerja bersama untuk mencoba mendapatkan intensitas tinggi di semua bagian permainan: konsentrasi, kesigapan, ketenangan, semua hal ini,” ujar Klopp, dilansir Express.co.uk, Jumat (30/9/2016).

“Setiap pemain berarti penting untuk hal ini dan setiap pemain terlibat. Saya tidak mengatakan ini untuk membuat mereka tenang dan nyaman, itu kebenarannya. Kalau kami stop bekerja keras dalam aspek permainan ini, maka kami tidak bisa melakukan langkah berikutnya yang kami 100% harus lakukan,” lanjutnya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply