Caption : Para mahasiswa Udinus Semarang menyerahkan urine mereka kepada petugas BNN Provinsi Jateng di kampus Udinus, Semarang, Rabu (29/3/2017) malam. (Istimewa)
Jumat, 31 Maret 2017 14:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KAMPUS DI SEMARANG
Begini Cara Udinus Bebaskan Mahasiswa dari Narkoba

Kampus di Semarang, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), memiliki trik khusus agar mahasiswanya bebas dari narkoba. Mau tahu?

Jatengpos.com, SEMARANG — Mendapat label Kampus Bebas Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjadi suatu amanah yang wajib dipertahankan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Demi mempertahankan predikat itu, Udinus pun kerap menggelar kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswanya dalam hal pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN), salah satunya tes urine.

Pada Rabu (29/4/2017), Udinus menggelar tes urine kepada mahasiswa maupun karyawan yang masih ada di lingkungan kampus pada malam hari. Pemeriksaan itu dilakukan pada 100 orang yang dipilih secara acak.

“Kami dukung penuh usaha Udinus untuk menciptakan Kampus Bebas Narkoba. Karena kegiatan ini merupakan komitmen Udinus bersama BNN Jateng untuk membentuk lingkungan yang bersih dari narkotika dan öbåt-obatan terlarang. Apresiasi kami berikan untuk Udinus karena telah melakukan P4GN dari mulai penyuluhan, pembentukan satgas narkoba, hingga pemeriksaan tes urine secara rutin seperti yang saat ini dilakukan,” papar Kasi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jateng, Jamaluddin Maruf, dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Kamis (30/3/2017).

Kegiatan tes urine kepada mahasiswa di kampus ini sebelumnya juga pernah dilakukan Udinus Semarang pada Desember 2016. Sama halnya dengan pemeriksaan kali ini, saat tes urine Desember 2016 lalu juga tidak ditemukan adanya mahasiswa maupun karyawan di kampus Udinus Semarang yang positif mengonsumsi narkoba.

“Pemeriksaan urine ini dilakukan secara rutin, dua kali dalam satu tahun, sejak tahun 2015. Untuk pemilihan lokasi di sekitar kampus, baik pagi, siang maupun malam. Yang dites dipilih secara acak, agar sample yang diambil juga bisa fair. Untuk pelaksanaan tes urine pada malam hari ini, memang baru kali pertama,” terang Kepala Biro Kerja Sama Udinus, Usman Sudibyo.

Kegiatan pemeriksaan urine di kampus Udinus Semarang itu turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Kusni Ingsih. Selain tes urine, kegiatan lain yang dilakukan Udinus dalam melaksanakan P4GN adalah memasukkan pengetahuan tentang bahaya narkoba ke dalam kurikulum pada mata kuliah Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Sehingga semua mahasiswa Udinus mendapatkan informasi tentang bagaimana bahaya narkoba bagi kehidupan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply