Muslim Uighur di China (worldbulletin.net) Caption : Muslim Uighur di China (worldbulletin.net)
Jumat, 31 Maret 2017 14:45 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Internasional Share :

Pemerintah Tiongkok Larang Warga Berjilbab dan Pelihara Jenggot

Pemerintah Tiongkok menerapkan aturan baru untuk memperketat urusan agama.

Jatengpos.com, BEIJING — Pemerintah Tiongkok melarang pemakaian burqa dan jilbab di provinsi Xinjiang. Bukan hanya itu, pemerintah juga melarang warga muslim memelihara jenggot.

Dilansir The Independent, Jumat (31/3/2017), lebih lanjut pemerintah Tiongkok juga memberi aturan ketat kepada warga agar tidak menamai anaknya dengan nma yang menyinggung agama. Bahkan, membawa label halal-haram dalam urusan sehari-hari adalah sebuah pelanggaran.

“Para orangtua harus mengutamakan perilaku moral dalam mendidik anak-anak mereka. Mengedukasi anak-anak agar selalu menghormati ilmu pengetahuan, mempertahankan budaya, menjunjung persatuan etnis, dan menentang ekstremisme,” demikian isi sebagian dokumen tersebut, Jumat (31/3/2017).

Kebijakan tersebut otomatis menimbulkan perdebatan, khususnya dari kalangan aktivis hak asasi manusia. Menurut kelompok tersebut, kebijakan yang diberlakukan dinilai telah mengekang kebebasan dalam beragama. Selain itu, mereka juga menilai ini merupakan tindakan diskriminasi terhadap agama tertentu.

Seperti diketahui, Xinjiang merupakan wilayah di Tiongkok yang berbatasan dengan Pakistan dan negara-negara mayoritas muslim lain seperti Kazakhstan. Xinjiang merupakan rumah bagi etnis Uyghur yang sebagian besar merupakan penganut Islam.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply