Peneliti temukan asteroid mengorbit terbalik di Jupiter. (Istimewa) Caption : Peneliti temukan asteroid mengorbit terbalik di Jupiter. (Istimewa)
Jumat, 31 Maret 2017 13:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Sains Share :

Pengamat Temukan Asteroid Bergerak Berlawanan Arah di Jupiter

Fenomena antariksa tak lazim terjadi di Jupiter.

Jatengpos.com, WASHINGTON — Fenomena antariksa yang tak lazim ditemukan peneliti planet Jupiter. Pengamat mendapati sebuah asteroid mengitari Jupiter dalam arah yang berlawanan dari semua planet di tata surya.

Jika lazimnya bulan dan asteroid akan mengorbit planet dalam arah yang sama. Namun, tidak dengan salah satu asteroid berputar di Jupiter yang ditemukan para peneliti belum lama ini. Peneliti telah menemukan bahwa sebuah asteroid mengitari Jupiter dalam arah yang berlawanan dari semua planet di tata surya.

Batu mengorbit mundur ini jarang ditemukan di mana saja dalam sistem tata surya, tapi ini merupakan pertama kalinya salah satu asteroid itu telah tertangkap memutari planet.

Disitat dari Engadget, Jumat (31/3/2017), asteroid berjalan di sisi berlawan dengan Jupiter dengan salah satu lewat itu ketika yang lain mendorong ke arah luar. Ini merupakan orbit yang stabil karena ilmuwan memperkirakan bahwa asteroid telah dikunci untuk mengorbit Jupiter selama sekira 1 juta tahun.

Temuan baru ini tidak sepenuhnya mengejutkan, mengingat skala kosmos, tetapi ini cukup penting. Meski begitu, temuan ini bisa memberikan penerangan baru tentang bagaimana orbit bekerja.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply