Tentara Assyria memakai helm (Wikipedia) Caption : Tentara Assyria memakai helm (Wikipedia)
Sabtu, 1 April 2017 05:00 WIB Mariyana Ricky/JIBI/Solopos Sains Share :

TAHUKAH ANDA?
Inilah Helm Paling Kuno

Tahukah Anda? Helm paling kumo di dunia.

Jatengpos.com, SOLO — Pelindung kepala alias helm menjadi perangkat wajib untuk digunakan saat berkendara. Di Indonesia, tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor termasuk pelanggaran aturan lalu lintas. Tapi, tahukah Anda jika helm telah dikenal sejak 900 tahun sebelum masehi? Tentara Assyria menjadi pelopornya kala itu.

Melansir Wikipedia, Senin (16/1/2017), tentara Assyria yang menjadi musuh Kerajaan Babylon diketahui menjadi pengguna helm tertua. Mereka memakai helm untuk melindungi kepalanya dari serbuan tombak, panah, dan pedang saat berperang melawan musuh. Helm milik tentara Assyria terdiri dari dua jenis, yakni yang terbuat dari perunggu dan kulit tebal.

Sementara pada zamanperadaban Yunani kuno, Romawi klasik, sepanjang zaman pertengahan, sampai akhir abad 17 helm menjadi bagian dari baju zirah. Sejarah mencatat penggunaan helm secara luas di sepanjang Eropa sampai Jepang sebagai keperluan perang.

Helm melindungi kepala dari tebasan senjata lawan, datangnya panah, atau bahkan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti arquebus). Penggunaan helm menurun sejak 1670 ketika efisiensi dan kecepatan peluru senapan meningkat pesat.

Kemudian pada abad 18, infantri benar-benar meninggalkan penggunaan helm. Era Napoleon menjadi pengukuhan penggunaan helm bagi prajurit kavaleri. Penggunaan artileri berat di Perang Dunia I menunjukkan perlunya menggunakan helm bagi prajurit biasa untuk mengurangi korban karena serpihan bom atau schrapnel.

Pada Perang Dunia kedua hingga sekarang, demi keperluan yang sama helm masih menjadi perlengkapan standar bagi prajurit. Saat ini,helm biasanya terbuat dari biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik.

Selain untuk berkendara dan berbagai aktivitas militer, helm juga dipakai untuk aktivitas olahraga, dan pertambangan. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply