Ilustrasi pencabulan disertai kekerasan kepada anak (JIBI/Solopos/Dok) Caption : Ilustrasi pencabulan disertai kekerasan kepada anak (JIBI/Solopos/Dok)
Sabtu, 1 April 2017 00:40 WIB Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

WASPADA PEDOFIL
Pemkab Sleman Imbau Orang Tua Selalu Waspada

Orang tua harus lebih waspada terhadap berbagai ancaman kasus yang kini ramai dibincangkan, termasuk juga bullying.

Jatengpos.com, SLEMAN-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman mengimbau orang tua untuk lebih waspada pada sejumlah isu yang mengancam anak, salah satunya yakni kasus pedofil dan pornografi.

Mafilindati Nuraini, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman mengatakan peran orangtua sangat diharapkan untuk menjaga generasi penerus, yakni anak-anak.

“Orang tua harus lebih waspada terhadap berbagai ancaman kasus yang kini ramai dibincangkan, termasuk juga Bullying,” kata dia.

Pemkab pun mengaku telah memberikan fasilitas terkait penanganan ataupun aduan dari masyarakat khususnya terkait perempuan dan anak. Melalui berbagai lembaga yang telah terbentuk di lini masyarakat mulai kabupaten hingga desa telah tersedia.

“ silahkan bersama forum penangan korban kekerasan perempuan dan anak di setiap kecamatan sudah terbentuk untuk melaporkan juga sebagai upaya mencegah terjadinya tindakan yang tak diinginkan,” kata dia.

Dikatakan Linda bahwa perlindungan pada anak sangat diperlukan terlaksana. Tak hanya dari pihak aparat aja namun perlindungan terpadu yang berbasis masyarakat pun harus dikembangkan. Upayanya yakni dengan melatih kader penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT), mengikutsertakan pihak kepolisian melalui Babinkamtibmas, forum anak di desa dan kecamatan serta berjejaring dengan lembaga lain terkait masalah anak dan perempuan

“diharapkan dengan peran aktif dan kewaspadaan ini tidak ada kasus yang menyangkut kriminal “ kata Linda.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply