Caption : Warga melambaikan tangan ke mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (berkaus hitam celana putih) saat berlibur ke Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)
Kamis, 29 Juni 2017 13:00 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

141 Anggota Polres Klaten Bantu Pengamanan Obama di Prambanan

Ratusan Polres Klaten membantu pengamanan kunjungan Barack Obama di Candi Prambanan.

Jatengpos.com, KLATEN — Sebanyak 141 personel Polres Klaten disiagakan untuk pengaman liburan keluarga mantan Pesiden Amerika Serikat, Barack Obama, Kamis (29/6/2017). Kabagops Polres Klaten, AKP Rohadi Pamungkas, mengatakan penyebaran personel itu sudah dilakukan sejak Kamis pagi.

“Personel terdiri dari semua unsur termasuk Satlantas, Satuan Sabhara, Intel, serta Provost. Tim Garuda juga kami libatkan. Kamis sekitar pukul 06.30 WIB sudah kami apelkan dan melakukan pengamanan,” kata dia saat ditemui di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan.

Kabagops menuturkan personel disebar ke sejumlah lokasi terutama yang berada di wilayah Klaten seperti di pintu masuk dan keluar candi. Ia menambahkan pengamanan dikoordinasikan dengan aparat dari Polda DIY lantaran kompleks TWC Prambanan berada di dua wilayah. “Kami pengamanan di luar candi utama dan kami membaur dengan masyarakat termasuk pengamanan arus lalu lintas,” katanya.

Berdasarkan pantauan, para pengunjung masih diizinkan memasuki kompleks Candi Prambanan selama kunjungan Obama. Namun, pelataran utama candi yang berada di perbatasan Sleman dan Klaten itu steril dari pengunjung sejak pukul 07.00 WIB. Sementara itu, Obama beserta rombongan tiba sekitar pukul 09.20 WIB. Kunjungan mantan Presiden Amerika itu mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan yang berjaga di sekitaran pelataran utama kompleks candi.

Obama sempat menyapa warga dengan melambaikan tangan ke pengunjung candi saat berada di sisi utara Candi Prambanan. Obama meninggalkan Candi Prambanan sekitar pukul 10.15 WIB. Setelah kunjungan itu, pelataran utama Candi Prambanan dibuka untuk umum.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply