Caption : Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Andreas Fitri Atmoko)
Kamis, 29 Juni 2017 19:00 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Peristiwa Share :

Bangganya Obama Berbahasa Indonesia & Kagumi Candi Prambanan

Barack Obama menunjukkan kebanggaannya berbahasa Indonesia saat berada di Candi Prambanan.

Jatengpos.com, KLATEN — Kunjungan ke kompleks Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017), membuat Barack Obama terpana. Tak hanya bangunan candi, Obama juga tertarik dengan sambutan warga di sana, bahkan sempat mengucapkan sapaan dalam bahasa Indonesia.

Obama sempat menyapa warga dengan melambaikan tangan ketika mengunjungi sisi utara Candi Prambanan. Obama bersama rombongan meninggalkan candi tersebut sekitar pukul 10.15 WIB. Setelah kunjungan itu, pelataran utama Candi Prambanan dibuka untuk umum.

General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Pujo Suwarno, mengatakan selama kunjungan tersebut pengunjung masih bisa menikmati kunjungan ke Candi Prambanan di pelataran kedua. Sementara, pelataran pertama candi kembali dibuka untuk umum setelah kunjungan Obama.

Pujo mengatakan selama satu jam di Candi Prambanan Obama mengelilingi kompleks Candi Prambanan. “Setiap semua bangunan seperti Siwa, Brahma, Perwara, dan candi-candi kecil juga dilihat beliau. Komentar yang disampaikan candi ini sangat indah,” ungkap Pujo.

Pujo menuturkan Obama sempat mengucapkan sapaan dengan bahasa Indonesia. “Saat menyapa itu dengan bahasa Indonesia menyampaikan ‘selamat pagi dan saya orang Indonesia’. Beliau bangga sekali menyebut dengan kalimat bahasa Indonesia. Saat masih kecil beliau pernah ke sini. Dari kunjungan tadi, beliau kelihatan menikmati sekali,” urai dia.

Pujo menambahkan kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat itu ke Candi Prambanan menunjukkan candi tersebut layak dikunjungi wisatawan terutama dari mancanegara khususnya Amerika. Ia menambahkan kunjungan tersebut juga membuktikan objek wisata di Indonesia aman untuk didatangi. “Sambutan dari masyarakat cukup antusias. Warga kita menerima kunjungan beliau dengan hangat,” urai dia.

Pujo menuturkan sekitar 10 persen dari 2 juta total pengunjung Candi Prambanan selama 2016 berasal dari mancanegara. Ia menjelaskan selama ini pengunjung dari AS tak masuk dalam 10 besar turis asing yangmendatangi Candi Prambanan.

“Terbesar itu dari Asia seperti Jepang, Malaysia, Singapura, kemudian disusul dari Belanda, Perancis, dan Inggris juga ada. Kebetulan AS belum masuk 10 besar, harapan kami setelah kunjungan ini 10 besarnya termasuk AS,” kata Pujo.

Pengelola Taman Wisata Candi Prambanan (TWC) Prambanan berharap liburan mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, bersama keluarganya ke Candi Prambanan, Kamis (29/6/2017), mendongkrak kunjungan turis asing ke candi tersebut. Sementara itu, sejumlah warga menilai kunjungan Obama menunjukkan objek wisata di Indonesia aman bagi turis asing.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply