Ilustrasi polisi grobogan Caption : Polisi Grobogan memasang rambu mata kucing (kanan) dan lampu lalu lintas portabel (kiri). (Instagram-@satlantasgrobogan)
Jumat, 30 Juni 2017 19:50 WIB Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Begini Upaya Polisi Grobogan Amankan Arus Balik Lebaran 2017

Lebaran 2017 yang sudah memasuki arus balik diupayakan aman dan lancar oleh polisi di Grobogan.

Jatengpos.com, PURWODADI – Berbagai macam upaya dilakukan polisi dari Polres Grobogan untuk mengamankan arus balik Lebaran 2017 ini. Usaha polisi di Grobogan itu antara lain adalah pemasangan rambu yang disebut ‘mata kucing’ dan lampu lalu lintas portabel di jalanan Grobogan, Jawa Tengah (Jateng).

Dikutip Semarangpos.com dari laman resmi Internet milik Polri, Kamis (29/6/2017), upaya itu dilakukan polisi dari Polres Grobogan demi mengamankan dan menjaga kelancaran arus balik seusai Lebaran 2017 di Kabupaten Grobogan.

Rambu lalu lintas berupa ‘mata kucing’ dipasang di jalanan antara Kecamatan Godong dan Kecamatan Penawangan, tepatnya di Desa Jatilor, Kecamatan Godong karena kurangnya penerangan. Rambu tersebut berupa patok berstiker yang dapat memantulkan cahaya jika terkena sorotan lampu kendaraan. Rambu ‘mata kucing’ berfungsi agar pengguna jalan mengetahui batas badan jalan sehingga diharapkan dapat mencegah kecelakaan.

“Hal itu [mata kucing] menjadi alternatif, karena kondisi jalur tersebut masih minim penerangan dan sebagian belum dilengkapi garis marka, sehingga diharapkan mata kucing bisa membantu pengguna jalan. Dipasangnya mata kucing di Jatilor ini, karena minimnya penerangan jalan pada jalur tersebut,” ungkap Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkino.

Sementara itu, lampu lalu lintas portabel dipasang dibeberapa persimpangan padat kendaraan di Grobogan yang belum memiliki lampu lalu lintas. “Cara kerja lampu ini sama dengan traffic light di perempatan jalan. Namun kami buat sederhana, dengan desain portabel agar bisa dipindah-pindah dan mudah penggunaannya,” ujar Satria.

Menurut Kapolres Grobogan itu, portable traffic-light tersebut sangat membantu polisi dalam mengurai kemacetan lalu lintas di Grobogan selama masa Lebaran 2017 ini. “Ini sangat membantu mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan,” Pungkasnya.

Dari pantauan aparat Polres Grobogan, jumlah kendaraan di Grobogan mulai meningkat sejak Rabu (28/6/2017), atau H+3 Lebaran 2017. Sejak itu, lalu lintas di Grobogan sudah mulai dipadati kendaraan yang menuju ke arah Kota Semarang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply