Aris Setiawan Caption : Aris Setiawan
Jumat, 30 Juni 2017 04:30 WIB Ichwan Prasetyo/JIBI/SOLOPOS Kolom Share :

GAGASAN
”Indonesia Raya” dalam Tiga Stanza

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (29/6/2017), karya Aris Setiawan, etnomusikolog dan pengajar ISI Surakarta.

Jatengpos.com, SOLO–Mulai bulan depan (Juli) lagu Indonesia Raya tiga stanza wajib dinyanyikan seluruh siswa sekolah saat hendak memulai pelajaran, sebelum pulang, dan saat upacara bendera.

Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2017/2018.

Ide tersebut muncul sejak peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 lalu. Pada acara itu kali pertama Indonesia Raya tiga stanza dinyanyikan. Menurut Hilmar, dinyanyikannya lagu Indonesia Raya pada stanza kedua dan ketiga sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari di negeri ini, terutama belakangan ini.

Lirik stanza dua dan tiga Indonesia Raya dapat ditemukan dengan mudah di Internet. Pemerintah merekam panduan menyanyikan lagu kebangsaan dalam tiga stanza itu di Studio Lokananta, Solo.

Tiga stanza Indonesia Raya dianggap penting karena selama ini lagu Indonesia Raya hanya dinyanyikan pada bagian prolog (stanza satu) saja sehingga pesan-pesan penting yang terkandung dalam keutuhan lagu itu tidak tersampaikan dengan lengkap dan tuntas.

Banyak yang berpandangan stanza dua adalah klimaks (inti) dari lagu dan stanza tiga adalah epilog atau penutup. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menilai dengan dinyanyikannya Indonesia Raya dalam tiga stanza diharapkan dapat memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme sejak dini.

Pertanyaannya adalah sejauh mana lirik tiga stanza tersebut dapat menjadi ruang agitasi bagi pelantun dan pendengarnya pada hari ini?

Selanjutnya adalah: Tak bisa dipisahkan dari Sumpah Pemuda…

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply