Sejumlah pengunjung mendatangi lapak-lapak di lantai II Pasar Klewer, Jumat (16/6/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos) Caption : Pengunjung mendatangi lapak-lapak di lantai II Pasar Klewer, Jumat (16/6/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)
Rabu, 28 Juni 2017 15:00 WIB Indah Septiyaning W./JIBI/Solopos Solo Share :

H+3 Lebaran 2017, Pemudik Serbu Pasar Klewer Solo, Borong Partai Besar

Pemudik menyerbu Pasar Klewer Solo pada H+3 Lebaran 2017. Kebanyakan mereka memborong barang dalam partai besar.

Jatengpos.com, SOLO — Setelah libur dua hari selama Lebaran 2017, kios-kios di Pasar Klewer Solo mulai diserbu pembeli. Sebagian besar pembeli adalah pemudik yang mencari batik sebagai oleh-oleh.

Sejumlah pedagang pasar sandang terbesar di Jawa Tengah ini pun mengaku omset penjualan naik hingga 300% selama dua hari terakhir. Pasar Klewer Solo tutup dua hari, Minggu-Senin (25-26/6/2017) selama momentum Lebaran.

Aktivitas pasar sandang diliburkan untuk memberikan kesempatan kepada karyawan toko untuk bersilaturahmi. Berdasarkan pantauan Solopos.com, aktivitas Pasar Klewer tampak ramai baik di lantai semi basement, lantai I maupun lantai II di bangunan pasar yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 21 April lalu. Pembeli terlihat menyerbu setiap toko dan lapak, terutama toko-toko batik.

“Begitu pasar mulai dibuka Selasa [27/6/2017] kemarin, langsung dipenuhi pembeli,” kata pemilik Kios B46 sekaligus Pejabat Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu (28/6/2017).

Kusbani mengaku ada peningkatan pengunjung di Pasar Klewer sejak Selasa. Ada yang beli namun ada juga yang sekedar jalan-jalan di pasar tersebut. Namun secara keseluruhan, dia mengaku ada peningkatan omzet penjualan dua hari terakhir ini.

Pada hari biasa dia hanya mampu meraup omzet sekitar Rp5 juta. Namun omzet penjualan meroket hingga 300% atau Rp15 juta dalam dua hari terakhir. Menurutnya, sebagian besar pembeli adalah pemudik dari luar daerah. “Barang yang paling banyak dicari kalau di kios saya seperti seprei dan daster,” ungkap dia.

Kusbani mengatakan rata-rata pembeli membeli barang tersebut secara partai besar. Mereka sengaja membeli untuk buah tangan saat pulang nanti setelah libur Lebaran di Kota Solo. “Semua kios di sini diserbu pembeli,” katanya.

Pedagang pelataran di lantai II Pasar Klewer juga menuturkan ada peningkatan omzet penjualan selama dua hari terakhir. “Puji Tuhan kemarin laris manis bisa untuk kulakan lagi,” kata Karyani. Pedagang Pasar Klewer memprediksi peningkatan omzet pedagang akan terus terjadi hingga Minggu (2/7/2017) mendatang.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply