Caption : Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (ketiga kanan) berkunjung ke Pura Tirta Empul Gianyar, Bali, Selasa (27/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wira Suryantala)
Kamis, 29 Juni 2017 19:40 WIB JIBI/Solopos/Antara Peristiwa Share :

Ke Istana Bogor, Obama Minta Pengamanan Tak Terlalu Formal

Barack Obama meminta pengamanan tak terlalu formal saat dirinya berkunjung ke Istana Bogor dan destinasi di kota itu besok.

Jatengpos.com, BOGOR — Kota Bogor siap menyambut kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, beserta keluarga yang akan menghadiri jamuan makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jumat (30/6/2017).

Kesiapan tersebut dibahas dalam rapat koordinasi (Rakor) di Kodim 0606/Kota Bogor, Kamis, terkait pengamanan kedatangan mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu. Rakor dipimpin oleh Kasrem 061/Suryakancana, Letkol CZ Dwi Bima, dan Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf Dodi Suhardiman.

Rakor itu diikuti sejumlah aparat terkait di antaranya BIN, Letkol Yoyon, Kasi Intel Korem 061/SK, Letkol Inf Haris S. Selain itu, ada Kasat Intelkam Polresta Bogor Kota, Kompol Suharto, Pasi Intel Yonif 315/Garuda, Kapten Inf Andhika, KBO Intel Polres Bogor, IPDA Irwansyah,n daan Pasilidpam Denpom III/1 Bogor, Kapten Cpm Samuel.

Dandim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf Dodi Suhardiman menyebutkan rakor membahas perkembangan situasi terakhir di Kota Bogor menjelang kedatangan Barack Obama beserta keluarga. “Intinya kita siap menyambut kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Kota Bogor,” kata Dodi.

Dodi menjelaskan, pengawal dan pengamanan yang dilakukan tidak menonjol sesuai permintaan dari Obama yang tidak ingin terlalu formal. Penyambutan kedatangan Obama juga berlangsung santai, tetapi tetap sesuai SOP pengamanan tamu VVIP. “Penyambutan biasa, tidak ada penyambutan kenegaraan, seperti detuman meriam. Jadi lebih kekeluargaan,” kata Dodi.

Menurut Dodi, ada rencana Presiden Obama akan mengunjungi Kebun Raya Bogor. Meski demikian, warga yang sedang mengisi libur Lebaran 2017 tetap bisa menikmati liburannya. “Tidak ada penutupan, Kebun Raya tetap dibuka untuk masyarakat,” katanya.

Barack Obama dan keluarga rencananya tiba di Istana Bogor pukul 15.40 WIB setelah berangkat dari Jakarta. Rencananya Presiden Jokowi akan menjamu Obama dan keluarganya di Green Garden Cafe yang berada di dalam Kebun Raya Bogor.

Obama dan keluarga mengisi liburan keluarga di Indonesia dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti di Bali, DI Yogyakarta, melihat Candi Borobodur, Candi Prambanan, Jakarta, dan Istana Bogor. Obama telah berada di Indonesia sejak Jumat (23/6/2017) langsung menuju Bali. Ia berlibur bersama istrinya Michelle Obama, dan kedua putrinya Malia serta Natasha atau Sasha si bungsu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply