Caption : Pesawat Gulfstream G-V N50JE yang membawa Obama dan rombongan mendarat di Bandara Adisutjipto, Sleman, Rabu (27/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan)
Jumat, 30 Juni 2017 07:40 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

Mengintip Pesawat Carteran Obama Sekeluarga

Obama datang dengan menumpang pesawat yang mendarat di Bandara Adisutjipto, Rabu siang

Jatengpos.com, JOGJA—Berkunjung ke Jogja sejak Rabu (28/6/2017), mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dijadwalkan bertolak ke Jakarta pada Jumat (30/6/2017) ini.

Obama datang dengan menumpang pesawat yang mendarat di Bandara Adisutjipto, Rabu siang. Mengingat tak lagi menjabat, Presiden ke-44 Amerika Serikat ini enggak lagi bepergian dengan Air Force One.

Pilihan moda transportasi udara pun jatuh ke jet pribadi, yang menjadi pilihannya adalah Gulfstream V. Obama mendarat di Indonesia dengan pesawat jenis Gulfstream V (GV) bernomor registrasi N50JE. Berdasarkan data badan administrasi penerbangan Federal Aviation Administration (FAA), N50JE adalah pesawat milik perusahaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Sebagai sebuah pesawat jet yang mengangkut tamu VVIP, Gulfstream V yang mengangkut Obama termasuk sebuah pesawat tua. Seri GV pertama kali diuji terbang pada 1995 dan mulai diperkenalkan pada 1997.

Sementara pesawat bernomor N50JE yang ditumpangi Obama sekeluarga merupakan pesawat lawas yang diproduksi 1999 silam. Nomor registrasi yang berperan seperti plat nomor pada kendaraan bermotor pesawat ini bahkan bakal habis berlaku pada 31 Agustus 2017 mendatang dan perusahaan yang memilikinya mesti memperpanjang izin terbangnya.

Gulfstream juga sudah tak lagi memproduksi seri GV. Sejak 2003, seri GV digantikan penerusnya, Gulfstream 550 serta Gulfstream 500 yang memiliki kapasitas bahan bakar lebih kecil ketimbang G 550. Kedua varian teranyar ini merupakan versi pembaharu dari GV dan lebih efisien bahan bakar dengan fitur yang nyaris serupa.

Kendati lawas bukan berarti fiturnya bisa disepelekan. GV dilengkapi mesin turbofan BMW Rolls BR 700 Series. Pesawat ini mampu menampung hingga 20 orang penumpang tergantung kebutuhan. Bagian interiornya dipenuhi fasilitas mewah.

Salah satu yang paling kentara adalah deretan kursi penumpang yang lapang dan sofa yang empuk. Tersedia pula kamar tidur, bar, dapur dan kamar mandi sebagai penunjang kenyamanan. Selain itu sejumlah fasilitas hiburan juga dijejalkan ke dalamnya. Sebut saja televisi satelit sampai fasilitas audio bersuara merdu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply