kunjungan obama, candi borobudur Caption : Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beserta rombongan keluarganya berjalan di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)
Rabu, 28 Juni 2017 19:44 WIB Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

Obama Naik sampai Puncak Borobudur

Sebagian arus dialihkan melalui jalan yang tidak dilalui rombongan Obama.

Jatengpos.com, MAGELANG—Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017) sore.

Di objek wisata itu, Obama beserta rombongan naik sampai puncak Borobudur. Pada sore itu, candi tidak ditutup untuk wisatawan. Arus wisatawan yang naik ke candi hanya diatur. Sebagian arus dialihkan melalui jalan yang tidak dilalui rombongan Obama.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setiono, mengungkapkan kunjungan Obama tidak mendapatkan pengawalan ketat karena bukan kunjungan kenegaraan. “Mereka [Obama dan rombongan] datang untuk berwisata,” ungkapnya, Rabu.

Obama beserta rombongan keluarga datang dengan belasan mobil, tiba pukul 16.35 WIB. Rombongan tersebut masuk melalui pintu tujuh atau pintu VVIP. Saat kunjungan tersebut, Candi Borobudur tidak ditutup untuk wisatawan.

Pada saat bersamaan, candi peninggalan Dinasti Syailendra kedelapan itu sedang penuh sesak oleh wisatawan karena masih dalam suasana libur Lebaran. Obama dan keluarga bahkan berbaur dengan sesaknya wisatawan.

Seorang petugas dari Balai Konservasi Peninggalan Candi Borobudur, Mura Aristina, ditugaskan untuk memandu perjalanan Obama beserta rombongan naik ke candi dan menjelaskan tentang seluk beluk Candi Borobudur.

Kunjungan tersebut berjalan sangat singkat. Rombongan hanya sekitar 30 menit di candi dan meninggalkan Borobudur pukul 17.20 WIB. Sekitar pukul 18.00 WIB, rombongan Obama sudah sampai di wilayah DIY untuk menuju Hotel Tentrem, lokasi menginap selama Obama di Jogja.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply