Caption : Meksiko saat melawan Portugal di Piala Konfederasi 2017. (JIBI/REUTERS/Maxim Shemetov)
Kamis, 29 Juni 2017 10:40 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

PIALA KONFEDERASI 2017
Jerman vs Meksiko, Loew Waspada Fighting Spirit El Tri

Semifinal Piala Konfederasi 2017 akan menghadirkan dua tim yang belum kalah di fase grup, Jerman vs Meksiko, malam ini.

Jatengpos.com, SOCHI — Pelatih Jerman, Joachim Low, merotasi pemain dalam tiga laga di fase grup Piala Konfederasi 2017. Tapi Low harus menurunkan skuat muda terkuatnya saat menghadapi Meksiko pada semifinal di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Jumat (30/6) pukul 01.00 WIB.

Bukan saatnya Jogi, sapaan akrab Joachim Low, mencoba-coba dalam menentukan line-up melawan Meksiko di fase knock-out. Meksiko bukan lawan sembarangan. Salah sedikit saja, Julian Draxler cs. akan terdepak dari Rusia, lokasi turnamen ini.

Sama seperti Jerman, Meksiko belum terkalahkan selama fase grup. Kesenjangan produktivitas gol dua tim dalam tiga laga masing-masing juga tak terlalu mencolok. Jerman mengoleksi tujuh gol, sementara El Tri, sebutan Meksiko, mendulang enam gol.

Selain itu, Jerman perlu waspada karena Meksiko merupakan tim yang alot untuk ditaklukkan. Terbukti, dalam tiga laga di fase grup, El Tri selalu sukses melakoni comeback ketika tertinggal terlebih dahulu dari lawan-lawan mereka.

Low sendiri pernah menjadi saksi fighting spirit El Tri pada Piala Konfederasi 2005. Saat itu, Low yang masih menjadi asisten pelatih Jerman, Jurgen Klinsmann, dibuat berdebar-debar saat timnya bertemu Meksiko pada perebutan tempat ketiga di Red Bull Arena, Leipzig.

Saat itu Der Panzer, julukan Jerman, sebenarnya sempat unggul tiga kali, namun Meksiko juga bisa bangkit menyamakan kedudukan. Pertandingan terpaksa harus dilanjutkan lewat babak extra time sampai Michael Ballack mencetak gol penentu kemenangan bagi Jerman dengan skor akhir 4-3 pada menit ke-97.

“Meksiko akan menjadi lawan yang sangat berat, kam harus mengerahkan kemampuan terbaik, tentu kami tidak boleh hanya mengatakan ‘oke, cukup bagus jika kami finis ketiga atau sampai final’. Kami harus menjuarai turnamen ini,” ujar striker Jerman, Timo Werner, seperti dilansir fourfourtwo.com, Rabu (28/6/2017).

Low kemungkinan besar akan memasang Werner sebagai ujung tombak Der Panzer kontra Meksiko. Penyerang RB Leipzig tersebut mencetak brace ketika Jerman membungkam Kamerun 3-1 pada laga penutup grup, di Sochi, Minggu (25/6/2017). Penyerang yang moncer dengan 21 gol di Bundesliga musim lalu tersebut akan ditopang Julian Draxler dengan Leon Goretzka atau Lars Stindl.

Sementara Javier “Chicharito” Hernandez akan memimpin serangan El Tri. Mantan striker Manchester United itu cukup berpengalaman dengan sepak bola Jerman dengan mengoleksi 39 gol di Bundesliga selama dua tahun bersama Bayer Leverkusen. Chicharito digadang-gadang kembali fit setelah tampak menghadiri latihan tim.

“Saya pikir Meksiko seperti Chile [Jerman ditahan imbang 1-1 Chile di fase grup]. Kami harus bermain secara taktik, Anda harus menghentikan Chicharito, karena dia pemain bagus secara individu dan saya harap kami yang akan menang,” jelas bek Jerman sekaligus rekan setim Chicharito di Leverkusen, Benjamin Henrichs, seperti dilansir espnfc.com.

Sementara itu, Meksiko tidak mau mengalami start lambat ketika meladeni Jerman. Dalam tiga kali laga, El Tri memang tidak pernah mencetak gol dalam 30 menit pembuka. Untungnya, mereka bisa selalu terhindar dari kekalahan setiap tertinggal terlebih dahulu dari para lawan. “Penampilan babak pertama menjadi problem kami. Kami sulit klik dalam pertandingan, karena kami benar-benar kesulitan di awal,” jelas bek Meksiko, Nestor Araujo, seperti dikutip fifa.com.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply