Foto dokumentasi kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Candi Borobudur (tribratanewspoldajateng.com) Caption : Foto dokumentasi kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Candi Borobudur (tribratanewspoldajateng.com)
Rabu, 28 Juni 2017 18:40 WIB Galih Eko Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

Selain Obama, Tamu Dunia Ini Pernah ke Borobudur

Pada 2014, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, mengunjungi Borobudur

Jatengpos.com, JOGJA—Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beserta keluarga menghabiskan waktu sore di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2017). Selepas menikmati candi itu, Obama kembali lagi ke Jogja.

Selain Obama, ternyata Borobudur pernah dikunjungi tamu dunia lainnya. Pada 15 Februari 2017, Borobudur didatangi Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Mariette Jet Bussemaker. Sebelum menaiki Candi Borobudur, rombongan Bussemaker menyempatkan diri datang ke Laboratorium Balai Konservasi Borobudur. Lokasi laboratorium itu masih satu kawasan dengan candinya.

Pada 2014, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, mengunjungi Borobudur. Saat itu, Mark Zuckerberg tidak menggembor-nggemborkan kedatangannya ke candi itu. Publik mengetahui keberadaan bos Facebook itu setelah Mark mengunggah fotonya di akun Facebook-nya.

Pada 2015, Ratu Denmark, Margrethe II, beserta rombongan mengunjungi Borobudur, tepatnya pada 26 Oktober. Rombongan Kerajaan Denmark tersebut tiba di kompleks Candi Borobudur sekitar pukul 09.30 WIB dan Margrethe II langsung naik ke Borobudur.

Di 2016, keindahan candi peninggalan Dinasti Syailendra itu mendapat kunjungan dari Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, pada 6 Agustus 2016. Saat itu, Poroshenko mengaku sangat terkesima dengan kemegahan Candi Boroburu dan keunikan bentuk relief yang terpahat di dinding candi Buddha terbesar di dunia itu.

Borobudur yang dibangun antara 750 Masehi dan 842 Masehi mendapat sertifikat dari Guinness World Records sebagai situs arkeologis Candi Buddha terbesar di dunia. Dengan volume 60.000 meter kubik, Borobudur merupakan candi megah yang ukurannya tidak ada bandingannya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply