Foto ilustrasi: Wanita hamil sebaiknya mewaspadai infeksi saluran kemih. (mecalnewstoday.com) Caption : Foto ilustrasi: Wanita hamil sebaiknya mewaspadai infeksi saluran kemih. (mecalnewstoday.com)
Kamis, 29 Juni 2017 09:00 WIB Women Share :

TIPS KESEHATAN
Wanita Hamil, Awas Infeksi Saluran Kemih!

Tips kesehatan ini mengenai wanita hamil.

Jatengpos.com, SOLO — Wanita hamil sebaiknya mewaspadai infeksi saluran kemih. Menurut data March of Dimes, sekitar 10 persen wanita hamil mengalami kondisi infeksi saluran kemih. Sebenarnya, pada saat tidak hamil wanita juga memiliki potensi terkena infeksi saluran kemih.

Namun, menurut dokter kebidanan dan kandungan Northwestern Memorial Hospital Chicago, Dana Gossett, bila menyerang pada ibu hamil dan tanpa diatasi bisa membahayakan ibu dan janin.

Infeksi saluran kemih merupakan suatu kondisi ketika organ di kemih seperti uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal mengalami infeksi.

Sebagian besar infeksi ini menyerang kandung kemih dan tidak menjadi bahaya bila segera diatasi. Bila dibiarkan, infeksi kandung kemih bisa berpengaruh ke ginjal sehingga menyebabkan aneka komplikasi seperti kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah.

“Penyebab paling umum infeksi saluran kemih terjadi karena seks. Bakteri bisa masuk ke dalam uretra melalui foreplay maupun penetrasi. Peradangan pada vagina juga membuat bakteri senang tinggal di situ,” jelas profesor di bidang urologi Drexel University College of Medicine, Amerika Serikat, Kristene Whitmore.

Selain seks, penyebab lain infeksi saluran kemih karena jarang buang air kecil. Padahal saat pipis kuman yang ada di kandung kemih dan uretra akan terbawa dengan urine keluar dari tubuh seperti mengutip Parents, Rabu (1/2/2017). Lalu, adakah cara untuk mencegah infeksi saluran kemih?

Tidak ada cara mudah untuk mencegah infeksi saluran kemih. Namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisasi kesempatan terkena infeksi saluran kemih yakni:

Jaga kebersihan genital

Saat buang air kecil pastikan untuk menyiram air dari depan ke belakang. Termasuk saat mengelap juga dari depan ke belakang untuk mencegah penyebaran bakteri.

Tetap terhidrasi

Buang air kecil merupakan cara efektif membersihkan kuman dari kandung kemih dan uretra. Dengan tetap terhidrasi, otomatis membuat tubuh rutin buang air kecil.

Buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks

Dengan buang air kecil membantu menghilangkan bakteri di area genital.

Jangan tunda buang air kecil

Pada saat ingin buang air kecil, jangan menunda. Pastikan bahwa benar-benar sudah selesai buang air kecil.

Perhatikan asupan makanan minuman

Kafein dan cokelat mengandung subtansi yang mengandung zat-zat yang mengiritasi kandung kemih. Jadi, sebaiknya hindarilah minuman ini.

Minum jus cranberry 

Cranberry mampu mencegah bakteri E.coli hadir di kandung kemih yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Konsultasikan ke dokter kandungan sebelum mengonsumsi pil atau kapsul cranberry.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply