Sri Rochana Widyastutieningrum Caption : Sri Rochana Widyastutieningrum
Sabtu, 1 Juli 2017 04:00 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

Seleksi Mandiri, ISI Solo akan Gelar Tes Tertulis dan Keterampilan

Institut Seni Indonesia (ISI) Solo akan menggelar tes tertulis dan keterampilan dalam seleksi mandiri yang diadakan kampus tersebut.

Jatengpos.com, SOLO—ISI Solo akan menggelar tes tertulis bagi calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri (SM) 2017, Senin (3/7/2017). Sedangkan tes keterampilan digelar Selasa (4/7/2017).

Pendaftaran peserta untuk jalur ketiga dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2017 itu dibuka mulai 11 April hingga 21 Juni lalu. Jalur tersebut dibuka untuk 13 program studi (prodi) yaitu Seni Kerawitan, Seni Pedalangan, Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, Desain Interior, Televisi dan Film, Kriya Seni, Fotografi, Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Batik, Keris, dan Senjata Tradisional.

Rektor ISI Solo, Sri Rochana Widyastutieningrum, menjelaskan lembaganya tahun ini menjadi salah satu dari 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang mengikuti Seleksi Bersama Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Namun, tidak semua prodi di ISI Solo bisa menerima calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN.

Pada saat SBMPTN, ISI Solo membuka PMB untuk 9 prodi saja yakni Seni Tari, Etnomusikologi, Seni Teater, Kriya Seni, Televisi dan Film, Seni Rupa Murni, Desain Interior, DKV, dan Fotografi. “Memang tidak semua prodi kami ikutkan dalam SBMPTN karena ada kekhususan. Contohnya untuk Prodi Keris [Keris dan Senjata Tradisional] ini merupakan prodi satu-satunya di Indonesia. Hanya ada di ISI Solo sehingga tidak bisa ikut SBMPTN karena tidak ada PTN lain yang menggelar tes yang sama,” kata Rochana ketika dimintai informasi melalui ponselnya, Jumat (30/6/2017).

Untuk beberapa prodi lain, di antaranya Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Tari, baru sejumlah PTN yang punya. “Jadi saat SBMPTN pendaftarnya mungkin belum terlalu banyak,” terang dia.

Dalam SBMPTN lalu, peserta yang mendaftar ke ISI Solo mengikuti tes tertulis maupun tes keterampilan. “Tes tertulis maupun tes keterampilannya mengikuti tes yang dilaksanakan PTN tempat mereka mendaftar SBMPTN. Sedangkan jalur Seleksi Mandiri, untuk tes tertulis maupun tes keterampilan yang menyelenggarakan ISI Solo,” jelas dia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply