Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo sibuk menerima tamu dan melakukan koordinasi internal di rumah dinasnya pada hari pertama kerja, Selasa (23/5/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja) Caption : Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo sibuk menerima tamu dan melakukan koordinasi internal di rumah dinasnya pada hari pertama kerja, Selasa (23/5/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 31 Agustus 2017 12:22 WIB Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

BANDARA KULONPROGO
Hasto : Studi Kelayakan Sudah Mengkaji Potensi Tsunami

Bandara Kulonprogo, kajian potensi bencana telah dilakukan

Jatengpos.com, KULONOPROGO — Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo meyakini potensi tsunami yang mengintai kawasan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) pasti sudah dipertimbangkan secara matang oleh pemrakarsa proyek.

Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Ini Rekomendasi untuk “Redam” Gempa & Tsunami

Hasto mengatakan permasalahan mengenai tingkat kerawanan tsunami di kawasan pesisir selatan DIY sudah menjadi pembahasan publik sejak wacana pembangunan bandara baru muncul. Menurutnya hal itu bukanlah hal baru lagi.

“Itu sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Tapi sudah terjawab juga melalui hasil FS [feasibility study],” ungkap Hasto, Rabu (30/8/2017).

Hasto memaparkan berdasarkan feasibility study atau studi kelayakan, pesisir Kulonprogo dinyatakan layak dijadikan lokasi pembangunan bandara. Berbagai kajian telah dilakukan untuk mempersiapkan megaproyek. Menurutnya, PT Angkasa Pura I mesti juga sudah menyiapkan rancangan kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP) bandara.

Hasto juga mengatakan sudah banyak bandara yang didirikan di tepi laut atau kawasan pesisir seperti NYIA nantinya.  Dia berpendapat hal itu tidak masalah selama semuanya sudah dipersiapkan dengan kajian yang matang.

“Tapi jika publik masih ragu, tentu masih dibuka ruang diskusi untuk mengkaji persoalan ini secara ilmiah,” ujar Hasto.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply