Salah satu alat pemantau aktivitas gunung berapi milik BPPTKG yang terpasang di sekitar Pasar Bubrah atau di ketinggian kurang lebih 2.600 mdpl. Foto diambil belum lama ini. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja) Caption : Salah satu alat pemantau aktivitas gunung berapi milik BPPTKG yang terpasang di sekitar Pasar Bubrah atau di ketinggian kurang lebih 2.600 mdpl. Foto diambil belum lama ini. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 31 Agustus 2017 08:23 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

GUNUNG MERAPI
607 KK Masih Enggan Relokasi, Ini 4 Alasannya

Gunung Merapi, korban masih enggan pindah

Jatengpos.com, SLEMAN — Sedikitnya 607 Kepala Keluarga (KK) korban erupsi Merapi 2010 masih enggan direlokasi hingga kini. Penolakan sebagian besar didasarkan pada masalah ekonomi dan kepemilikan lahan.

Sejumlah warga tersebut tersebar di wilayah Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen di Desa Glagaharjo, Cangkringan serta Umbulmartani, Ngemplak. Hal ini dipaparkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno dalam workshop penanganan permasalahan pasca rehab-rekon Rekompak Merapi di Hotel The Sahid Rich, Rabu (30/8/2017).

“Ada beberapa hal alasannya meski utamanya adalak soal ekonomi,” terangnya kemarin.

Ia menguraikan setidaknya ada empat poin yang menyebabkan munculnya penolakan itu. Pertama, warga merasa wilayahnya sudah cukup aman karena berada di perbatasan wilayah yang aman. Kedua, masyarakat teramat khawatir jika lahan lamanya akan diambil alih pemerintah apabila mereka berpindah.

Ketiga, warga berpendapat jika tidak bisa mengembangkan diri dari sisi ekonomi di lokasi hunian baru. Terakhir, masyarakat terdampak itu juga merasa sudah bisa membangun kembali huniannya di daerah yang lama. Krido menjelaskan jika berdasarkan pengakuan masyarakat, mereka belum bisa melihat adanya peningkaan ekonomi yang signifikan pada masyarakat yang sudah direlokasi itu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply