Miquela berfoto di dekat Museum Louvre, Prancis (Instagram) Caption : Miquela berfoto di dekat Museum Louvre, Prancis (Instagram)
Kamis, 31 Agustus 2017 08:00 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Internet Share :

KISAH UNIK
Inilah Miquela Sosa, Selebgram Fiktif

Berbagai kreasi meramaikan Instagram, bahkan tokoh yang dibuat dengan teknik animasi pun bisa berjaya.

Jatengpos.com, NEW YORK – Masih ingatkan Anda dengan grup musik Gorillaz?  Atau penyanyi humanoid asal Jepang, Hatsune Miku?

Miquela berfoto dengan Blogger Fashion terkenal Negin Mirsalehi (Instagram)

Miquela berfoto dengan Blogger Fashion terkenal Negin Mirsalehi (Instagram)

Keduanya memanfaatkan teknologi digital untuk membangun karakter musisi yang sebenarnya bukan manusia nyata. Hal itu kini berkembang ke media sosial, di mana akun dengan pengikut ratusan ribu dibuat seolah-oleh milik perempuan bernama Miquela Sosa.

Miquela Sosa memiliki akun Instagram bernama @lilmiquela. Akun tersebut memiliki status terverifikasi yang seharusnya milik individu, grup, atau perusahaan yang benar-benar ada. Namun, hal tak biasa berlaku untuk akun @lilmiquela.

Akun yang dibuat pada Mei 2016 itu didominasi dengan foto perempuan yang diposisikan sebagai Miquela. Namun fisiknya tak seperti manusia pada umumnya, lebih ke sosok animasi tiga dimensi. Lebih unik lagi, kurang lebih satu tahun dibuat, akun @lilmiquela sudah memiliki pengikut lebih dari 266.000.

Akun @lilmiquela bisa dibilang memiliki pengaruh besar, tak jarang sosok Miquela mempromosikan produk fashion ternama, di beberapa foto tampak Miquela dibuat seakan-akan berfoto dengan beberapa musisi atau tokoh kenamaan di Amerika Serikat, bahkan Miquela merilis sebuah lagu berjudul not mine.

Tak jarang, unggahan di akun @lilmiquela membawa nama tempat atau tokoh nyata yang sebelumnya sudah terkenal.

Pada September 2016 Washington Post memuat hasil investigasi mengenai sosok Miquela. Sosok fiktif itu dibuatkan alamat surat elektronik (surel) yang ditulis di akun Twitter, Facebook, hingga Tumblr atas nama Miquela. Namun akun-akun tersebut diketahui tidak didaftarkan menggunakan alamat surel yang tertulis.

Saat dikirimi pesan, ada dua balasan, yang pertama dituliskan atas nama Miquela Sosa, balasan kedua dari label publisis musik. Balasan dari publisis musik itu menyatakan terima kasih dan menegaskan Miquela tak bisa diwawancara.

Foto-foto musisi seperti Tom Krell, Tim Anderson, Niki Takesh, dan fotografer Natalia Mantini pernah muncul di foto atau  tertulis di-caption foto @lilmiquela. Saat ditelusuri, sebagian besar tak memberikan keterangan.

Pada Kamis (17/8/2017) laman Vogue merilis hasil wawancara dengan sosok yang diklaim sebagai Miquela. Awalnya jurnalis yang menyelidiki Miquela mengirim surel yang ada di bio @lilmiquela. Dijawab oleh orang yang mengaku sebagai publisis Miquela, jurnalis tersebut berhasil mendapatkan waktu untuk berbincang secara online  dengan narasumber yang diposisikan sebagai Miquela.

Saat ditanyai mengenai identitas pembuat Miquela, narasumber itu memandang identitas adalah hal yang bisa berubah-ubah. Hal itu membuat Miquela akan selalu muda, bebas dan bisa mewakili berbagai generasi.

Dalam wawancara tersebut Miquela diposisikan sebagai manusia nyata yang memiliki makanan favorit, musisi favorit, dan pandangan politik.  Sampai akhir wawancara tidak terungkap siapa sebenarnya sosok di balik Miquela.

 

 

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply