Logo UNS. (uns.ac.id) Caption : Logo UNS. (uns.ac.id)
Kamis, 31 Agustus 2017 13:00 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

UNS Solo Hadirkan Museum Goes to Campus 4-7 September 2017

Agenda Museum Goes to Campus dilaksanakan September 2017.

Jatengpos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali menghadirkan pameran museum bertajuk Museum Goes to Campus (MGtC) ke-2 di Auditorium UNS Solo, Senin-Kamis (4-7/9/2017). Pameran kali ini akan diikuti 25 museum dari berbagai kota, yaitu Solo, Jogja, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Blitar, dan Jakarta.

Koordinator Pameran, Agus H. K. Soetomo, mengemukakan tema MGtC ke-2 2017 adalah Keanekaragaman yang Menyatukan. Penyelenggaraan pameran dengan tema tersebut dilatarbelakangi niat untuk menunjukkan kemajemukan yang terdapat pada Bangsa Indonesia sesungguhnya menunjukkan kekayaan dan elemen-elemen yang menguatkan kehidupan sebagai bangsa.

“Melalui pameran museum, keanekaragaman sejarah dan budaya bangsa akan diperlihatkan, namun pada saat yang sama akan tampak pula kesamaan-kesamaan yang menyebabkan kita merasa satu sebagai bangsa,” ujar Agus saat digelar jumpa wartawan di Gedung Perpustakaan UNS Solo, Rabu (30/8/2017).

Penyajian pameran akan dilakukan dengan cara inovatif dan interaktif, sehingga pengunjung bisa mendapatkan suasana having fun sambil mempelajari jejak-jejak dan peninggalan sejarah bangsa. Sebelumnya, MGtC ke-1 telah diselenggarakan November 2016.

MGtC adalah agenda tahunan UNS dan wujud komitmen UNS sebagai kampus yang menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa. Target pengunjung pameran ini adalah mahasiswa, pelajar, pendidik, budayawan, para pengampu museum, dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

“Museum adalah sarana edukasi, informasi dan rekreasi yang relatif lengkap. Koleksi-koleksinya merupakan rekaman dari memori kolektif bangsa yang perlu disosialisasikan secara berkesinambungan,” terangnya.

Penyelenggaraan MGtC oleh Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS tersebut didukung sejumlah instansi antara lain Direktorat PCBM (Pelestarian Cagar Budaya dan Museum, Ditjenbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo, Keluarga Alumni FIB) UNS, Keluarga Alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD) UNS, guru-guru pendidik Sejarah dan Seni (MGMP) sebagai mitra publikasi dan edukasi, Himpunan Mahasiswa Prodi Sejarah FIB UNS, Bank Mandiri, dan Komunitas Tali Sejarah.

MGtC ke-2 bukan hanya pameran koleksi museum, melainkan akan didamping oleh serangkaian kegiatan pendukung, yaitu seminar permuseuman, kuliah umum nilai-nilai kebangsaan untuk para mahasiswa, lomba dongeng nusantara untuk para mahasiswa, lomba fotografi, instagram dan vlog untuk para pengunjung.

Selain itu, pentas seni mahasiswa selama hari-hari pameran, pemutaran film tentang museum dan sejarah, bazar kuliner khas Solo oleh Dharma Wanita UNS, dolanan anak tradisional yang akan disajikan oleh para mahasiswa, yaitu permainan egrang, dakon, kelereng, layang-layang, dan bekelan, pemilihan booth museum favorit oleh para pengunjung, dan melukis bersama komunitas bersama Museum Basoeki Abdullah.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply