Caption : ILJUSTRASI (Grafis/JIBI/SOLOPOS)
Sabtu, 30 September 2017 06:22 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

DPRD JOGJA
Film HB IX Diusulkan, Ini Gambaran Anggarannya

DPRD Jogja mengusulkan pembuatan film.

Jatengpos.com, JOGJA-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja, Antonius Fokki Ardianto mengusulkan agar Pemerintah Kota Jogja membuat film tentang Sultan Hamengku Buwono IX. Karena HB IX dinilai sebagai pahlawan nasional yang komitmen kebangsaannya kuat dan patut menjadi contoh bagi generasi muda.

Baca Juga : DPRD JOGJA : Dewan Usulkan Pemkot Buat Film HB IX

“Pembuatan film ini saya kira bisa didanai APBD dan danais [dana keistimewaan],” ujar Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Jogja ini, Jumat (29/9/2017).

Sebelum mengakses danais, Fokki meminta Dinas Kebudayaan terlebih dahulu menganggarkan Rp1 miliar dari APBD sebagai persiapan awal di 2018. Selanjutnya bisa diajukan melalui danais. Menurut dia, film bertema tokoh-tokoh lokal Jogja perlu diangkat untuk pelajaran bagi generasi muda ditengah gempuran film-film heroik modern.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Eko Suryo Maharso membenarkan adanya usulan tersebut. Awalnya usulan itu ada tiga, yakni pembuatan film HB X, Sultan Agung, dan Pangeran Dionegoro. Namun usulan mengerucut ke film biofik HB IX. Usulan itu diakuinya masih perlu kajian.

Eko mengatakan pihaknya perlu mempertimbangkan pembuatan film jenis kolosal tersebut karena berkaitan dengan kewenangan dan anggaran.

“Persoalannya kewenangan kami ini sebatas pembuatan film-film pendek,” ujar Eko.

Saat ini Dinas Kebudayaan Kota Jogja juga tengah menggelar lomba cerita soal legenda Jogja. Sepuluh nominasi nantinya juga akan dibuatkan film pendek dengan durasi sekitar tujuh menit.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply