Salah satu kunci pintu rusak di toilet pria Poliklinik Reguler RSUD Salatiga, Jl. Diponegoro, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-?Zidnie I. Elfikri) Caption : Salah satu kunci pintu rusak di toilet pria Poliklinik Reguler RSUD Salatiga, Jl. Diponegoro, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-?Zidnie I. Elfikri)
Sabtu, 30 September 2017 08:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

KESEHATAN SALATIGA
Dianggap Tak Higienis, Kondisi Toilet RSUD Salatiga Picu Kritik

Kesehatan di Kota Salatiga ditunjang dengan adanya RSUD, namun kondisi toilet yang dianggap tak higienis membuat rumah sakit tersebut dikritik.

Jatengpos.com, SALATIGA – Fasilitas kesehatan berupa rumah sakit sudah sepantasnya menyediakan sarana yang higienis. Namun kebersihan sarana itu dikabarkan tak terjadi di salah satu toilet di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga, Jl. Diponegoro, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng).

Toilet di salah satu rumah sakit di Kota Salatiga itu ramai dikritik warganet di media sosial Facebook setelah dikabarkan tak higienis. Pengguna akun Facebook ?Zidnie I. Elfikri?, melalui grup Facebook Kabar Salatiga, Rabu (27/9/2017), mengungkapkan anggapan kondisi toilet di Poliklinik Reguler RSUD Kota Salatiga tak higienis dan rusak di beberapa bagian.

“Mohon maaf lur, lagi-lagi tentang RSUD Salatiga. Ini sesuai fakta yang saya amati dari kemarin di RSUD lur. Mungkin bagi aparat pemerintah bisa memperbaiki lagi. Agar lebih layak dan pantas. Ini adalah kondisi toilet laki-laki di bagian Poliklinik Reguler,” ungkapnya dengan menyertakan beberapa foto toilet.

Dari foto yang diunggah memang terlihat beberapa bagian toilet terdapat kerak. Kain lap pun hanya ditaruh di wastafel dan kunci pintu toilet rusak.

Warganet membenarkan kondisi beberapa toilet di RSUD sedikit memprihatinkan. Selain itu, mereka juga mengkritik pengeloa rumah sakit yang mereka anggap tak memperhatikan kebersihan toilet.

“Bukan membuli ya tapi mungkin benar itu kan fasilitas umum harusnya dibuat lebih bagus. Lebih bersih hihihi kali aja ada orang luar negeri masuk rumah sakit situ terus ke kamar mandi, masak fasilitas umumnya kurang terawat hihihi,” tulis pengguna akun Facebook Siti Arofah.

“Bukan cuma fasilitas umum, nek aku lihatnya itu rumah sakit, bidang kesehatan, mengutamakan kebersihan, memang harusnya bersih klinis kinyis2,” ungkap pengguna akun Facebook Jennifer Wamafma.

“Yang [toilet] cewek seram lagi. Lampu mati dan horor,” kritik pengguna akun Facebook Devi Ardiyani.

Menurut warganet, fasilitas kesehatan, dalam hal ini RSUD Salatiga, harus menyediakan sarana yang higienis bagamana pun alasannya. “Rumah sakit adalah tempat untuk berobat bukan tempat cari penyakit. Higienitas mutlak,” ungkap pengguna akun Facebook Wouter Chan.

Di samping kritikan itu, warganet mengajak semua pengunjung RSUD Salatiga untuk turut menjaga kebersihan lingkungan termasuk toiletnya. Selain pihak pengelola rumah sakit, mereka menilai kebersihan RSUD Salatiga itu juga dipengaruhi kelakuan pengunjungnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply