Ilustrasi mata air (preoforshif.com) Caption : Ilustrasi mata air (preoforshif.com)
Sabtu, 30 September 2017 04:22 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Tak Berkategori Share :

MASALAH LINGKUNGAN
Restoran Diduga Melakukan Privatisasi air

Masalah lingkungan kali ini berupa dugaan privatisasi mata air.

Jatengpos.com, SLEMAN–Jiwangga Resto yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan diduga melakukan privatisasi mata air yang berada di samping aliran Kali Kuning.

Wakil Ketua Komunitas Kali Kuning, Agustinus Irawan menyampaikan, sejak dua tahun lalu Jiwangga Resto telah melakukan privatisasi mata air. Atas permasalahan ini, ia mengaku telah melaporkannya ke pihak-pihak terkait. Tapi hingga kini belum ada hasilnya.

“Sejauh yang kami tahu mereka melakukan privatisasi air, walaupun kami belum melakukan penyelidikan lebih jauh. Kami sudah pernah melaporkan kejadian ini, setelah itu dinas-dinas terkait datang untuk berdiskusi tapi tidak ada tindak lanjut,” jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (29/9/2017).

Irawan mengatakan, privatisasi mata air otomatis akan mengurangi sumber air sungai. Ia mengatakan, seharusnya air adalah hak setiap orang dan tidak boleh ada kepemilikan secara pribadi karena jika hal tersebut terjadi maka akses masyarakat akan air menjadi terbatas.

Ia menyampaikan, pihaknya tidak melakukan penyelidikan lebih lanjut karena komunitasnya ingin fokus pada edukasi masyarakat untuk menjaga sungai dan mata air. Lagi pula, katanya, tenaga yang dimiliki oleh Komunitas Kali Kuning terbatas dan pihaknya sudah pernah melaporkan kejadian ini sebelumnya.

Lokasi mata air yang diduga telah diprivatisasi tersebut berada di dusun Bromonilan, Purwomartani. Tepatnya di bagian paling utara bangunan Jiwangga Resto. Pada bagian paling utara itu terdapat pendopo yang dihubungkan oleh jembatan. Di bawah jembatan dan pendopo inilah terdapat mata air yang menurut Ketua Komunitas Kali Kuning, Yudi Sanyoto ditembok dan digunakan sendiri oleh Jiwangga Resto.
==

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply