Potongan adegan film Pemberantasan Pemberontakan G30S PKI. (Youtube.com) Caption : Potongan adegan film Pemberantasan Pemberontakan G30S PKI. (Youtube.com)
Sabtu, 30 September 2017 15:00 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Klaten Share :

Siswa dan Guru SMA Muhammadiyah 1 Klaten Nonton Film G30S/PKI

Para siswa dan guru SMA Muh. 1 Klaten nonton bareng film G30S/PKI.

Jatengpos.com, KLATEN – Siswa serta guru SMA Muhammadiyah 1 Klaten menggelar nonton bareng film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI, Sabtu (30/9/2017).

Selama tiga jam, mereka menonton film tersebut di ruangan home theater sekolah setempat.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Aris Munawar, mengatakan jumlah total siswa beserta guru dan karyawan yang ikut nonton bareng sebanyak 150 orang.

Selain guru, kegiatan juga dihadiri Komandan Koramil 24/Klaten Utara, Kapten Inf. Joko Sulantoro.

Aris menjelaskan nonton bareng digelar untuk memberikan pengetahuan kepada siswa terkait peristiwa G30S/PKI.

“Kegiatan juga menindaklanjuti instruksi dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten untuk memutar film pengkhianatan G30S/PKI. Sekolah lain juga menggelar kegiatan yang sama,” kata Aris, Sabtu.

Salah satu siswa kelas XII IPA 2, Atisa Ratuvalia Bungara, mengatakan dari pemutaran film itu ia lebih memahami tentang peristiwa G30S/PKI.

“Selama ini tahunya dari buku sejarah dan itu tidak detail seperti di film,” katanya.

Siswa kelas XII IPS 3, Aji Kuncoro, menuturkan dari pemutaran film itu ia berharap peristiwa tersebut tak lagi terulang.

“Kalau kekejaman PKI yang digambarkan di film bagi saya tidak terlalu sadis. Bisa jadi peristiwa sebenarnya jauh lebih sadis,” urai dia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply