Ledakan Tsar Bomba di Pulau Novaya Zemlya, Laut Arktik, 1961. (Globalsecurity.org) Caption : Ledakan Tsar Bomba di Pulau Novaya Zemlya, Laut Arktik, 1961. (Globalsecurity.org)
Senin, 30 Oktober 2017 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 30 Oktober

Catatan peristiwa dunia hari ini, 30 Oktober, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Jatengpos.com, SOLO – Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 30 Oktober. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum peristiwa-peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 30 Oktober, demi mengenangnya.

1270
Pengepungan Tunis yang dilancarkan pasukan Kerajaan Prancis di Kesultanan Tunis berakhir setelah Raja Prancis Louis IX meninggal dunia akibat suatu penyakit. Para pasukan Prancis yang juga didera penyakit lantas menarik diri dari Tunis. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri Perang Salib VIII dan mengembalikan beberapa wilayah Kesultanan Tunis yang sebelumnya diduduki Prancis.

1340
Pasukan Portugal dan Kastilia berhasil mengalahkan pasukan Marinid yang dibantu pasukan Granada dalam Pertempuran Rio Salado di dekat Sungai Salado, Tarifa. Atas kemenangan Portugal dan Kastilia itu, pasukan Marinid gagal menguasai wilayah Tarifa yang kini menjadi bagian Spanyol.

1657
Spanyol gagal untuk meraih kembali Jamaika dari Inggris setelah kalah dalam Pertempuran Ocho Rios di dekat Ocho Rios, Jamaika. Inggris merebut Jamaika dari Spanyol pada 1655. Serbelumnya, Spanyol menguasai Jamaika sejak 1509. Jamaika baru meraih kemerdekaan dari Inggris pada 1962.

1918
Perwakilan dari Ottoman dan Inggris menandatangani Perjanjian Gencatan Senjata Mudros demi mengakhiri pertempuran di Timur Tengah antara Ottoman dan Sekutu. Penandatanganan itu dilakukan di kapal HMS Agamemnon di Pelabuhan Mudros, Pulau Lemnos, Yunani.

1941
Lebih dari 1.000 orang Yahudi di Pidhaytsi, Ukraina ditangkap pasukan Jerman dan dikirm ke Penampungan Belzec di Polandia. Kebanyakan dari mereka tewas dibantai di penampungan tersebut. Penampungan Belzec dikenal sebagai penampungan yang digunakan untuk membantai sekitar 500.000 orang.

Oang Republik Indonesia (ORI). (Wikimedia.org)

Oang Republik Indonesia (ORI). (Wikimedia.org)

1946
Oeang Republik Indonesia (ORI) secara resmi mulai diedarkan. ORI adalah mata uang pertama yang dimiliki Indonesia setelah merdeka. Sejak 2 November 1949, ORI sebagai mata uang Indonesia digantikan rupiah yang digunakan hingga kini.

1945
Pemimpin pasukan Belanda di Surabaya, Birgadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby, tewas di dekat Jembatan Merah, Surabaya setelah bertempur dengan masyarakat Indonesia. Pertempuran itu dipicu upaya Belanda yang ingin merebut senjata milik Jepang yang sudah dirampas pihak Indonesia.

Diego Armando Maradona. (Espnfc.com)

Diego Armando Maradona. (Espnfc.com)

1960
Diego Armando Maradona lahir di Lanus, Buenos Aires, Argentina. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang memiliki julukan Tangan Tuhan. Julukan itu diberikan lantaran Maradona berhasil mencetak gol menggunakan tangan dan tak dianggap sebagai pelanggaran saat dirinya membela Argentina yang melawan Inggris di Babak 8 Besar Piala Dunia 1986.

1961
Uni Soviet menguji coba bom nuklir bernama Tsar Bomba dengan meledakannya di Pulau Novaya Zemlya, Laut Arktik. Daya ledak bom nuklir tersebut sebesar 50 Megaton TNT atau setara dengan 1.750 kali lipat bom nuklir yang diledakkan pasukan Amerika Serikat (AS) di Nagasaki, Jepang, 1945 silam. Tsar Bomba dalam bahasa Indonesia berarti Kaisar Bom.

2014
Swedia menyatakan mengakui kedaulatan Palestina. Sikap Swedia itu menjadikannya negara pertama anggota Uni Eropa yang mengakui kedaulatan Palestina. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Oktober

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply