Aris Setiawan Caption : Aris Setiawan
Minggu, 1 Oktober 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Kereta Api, Nama, dan Kisah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (28/9/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, esais dan pengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gmail.com

Jatengpos.com, SOLO — 28 September, diperingati sebagai Hari Kereta Api Nasional. Kini ribuan orang, bahkan lebih, menggunakan jasa kereta api untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuan.

Ada hal yang menarik dan sering kali luput dari perhatian kita, bahwa kereta api di Indonesia dan Jawa khususnya memiliki nama-nama yang unik dan khas. Coba perhatikan, nama kereta api sering kali didasarkan pada jejak sejarah kekuasaan, alam, dan binatang magis negeri ini.

Kita bisa menemukan penghargaan terhadap gunung (argo) di Jawa yang diwujudkan sebagai nama kereta api seperti Argo Bromo, Argo Sindoro, dan Argo Lawu. Gunung bagi masyarakat Jawa tidak semata-mata tumpukan tanah memuncak, namun tempat kesucian disematkan.

Gunung adalah ruang bagi para raja, kesatria, dan pendeta bertapa atau bersemedi. Gunung dengan posisinya yang tinggi dianggap sebagai ruang yang paling dekat dengan nirwana.

Kereta api yang namanya berdasar pada nama gunung adalah kereta kelas eksekutif dengan tarif paling mahal dan kenyamanan paling maksimal. Kita juga melihat nama-nama binatang seperti Sembrani (kuda terbang), Turangga (kuda), Sancaka (ular), Dwipangga (gajah), Taksaka (naga), Lodaya (macan).

Nama-nama hewan tersebut sebagian terilhami dari kisah-kisah dalam pertunjukan wayang atau epos Mahabarata dan Ramayana. Dwipangga, misalnya, adalah hewan utama yang ditunggangi Dewa Indra.

Dwipangga dianggap memiliki kesaktian, tidak mempan oleh berbagai senjata, dapat terbang ke kahyangan, dan hewan tunggangan yang setia pada majikannya. Taksaka adalah seekor naga yang mambunuh Parikesit, raja pamungkas keturunan Pandawa.

Pemilihan hewan-hewan versi dongeng dan epos tersebut menandakan gerbong kereta api dilabeli seperangkat imajinasi dan memori. Kereta api bukan hanya alat transportasi, namun juga guratan wacana dan pengekalan kisah kultural tentang Jawa dan Indonesia.

Selanjutnya adalah: Nama-nama penguasa utama dalam epos di Jawa…

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply