Aris Setiawan Caption : Aris Setiawan
Minggu, 1 Oktober 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Kereta Api, Nama, dan Kisah

Epos di Jawa

Nama-nama penguasa dan tokoh utama dalam epos di Jawa juga dibekukan sebagai nama kereta. Lihatlah kereta api Sri Tanjung, Joko Tingkir, Kertajaya, Gajayana, Tawangalun, Ajisaka, Kalijaga.

Nama-nama tersebut mengingatkan pada kisah besar sejarah pembentukan daerah di Jawa. Sri Tanjung, misalnya, adalah sebuah epos dari Banyuwangi, ujung timur Jawa, tentang kesetiaan seorang perempuan.

Kertajaya adalah raja terakhir Kadiri. Aji Saka adalah sosok yang menjadi pintu pertama masyarakat Jawa mengenal aksara. Nama-nama kereta tersebut tidak semata-mata menunjuk pada keagungan tokoh, namun juga rute yang dilalui.

Kereta Sri Tanjung disebabkan epos dari Banyuwangi maka memiliki rute Banyuwangi-Jogja, kereta Kalijaga menjalani ute Solo-Semarang, kereta Joko Tingkir berute Solo-Pasar Senen.

Nama penguasa dan sosok menandakan muara tempat rute itu harus diawali atau bahkan diakhiri. Sayang, hari ini kita sering kali mengenal nama kereta api tapi tak diimbangi dengan pemahaman kisah dan filosofi di baliknya. Nama-nama itu seolah-olah sekadar penanda, tidak lebih.

Jika dikaji lebih mendalam, nama pada gerbong kereta api mengandung konsekuensi penjelajahan lebih jauh terhadap sejarah peradaban dan narasi kultural yang menemani pembentukan negeri ini.

Kita kemudian menjadi mafhum kala proyek kereta mass rapid transit (MRT) di Jakarta dinamai Antareja dan Mustika Bumi, nama tokoh wayang di Jawa. Antareja adalah putra dari Bima (Wrekudara).

Ia memiliki kesaktian bernama ajian ”upas anta”. Berbekal kesaktian itu, ia dapat membunuh seseorang hanya dengan menjilat bekas telapak kakinya di tanah. Selain itu, ia juga memiliki cicin dengan nama Mustika Bumi.

Cincin itu memberi dia kesaktian untuk terus hidup dan kebal terhadap senjata apa pun selama kakinya menyentuh bumi. Kelebihan utama yang dimilikinya adalah dapat berjalan di dalam perut bumi.

Selanjutnya adalah: Kereta yang beroperasi di dalam tanah…

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply