Caption :
Minggu, 29 Oktober 2017 05:30 WIB JIBI/Bisnis Internasional Share :

Inggris dan Jerman Tak Akui Kemerdekaan Catalonia

Jubir Inggris mengatakan deklarasi itu didasarkan pada pemungutan suara yang ilegal.

Jatengpos.com, LONDON – Inggris dan Jerman tidak akan mengakui kemerdekaan Cataloni. Inggris dan Jerman kopak menyebut pernyataan kemerdekaan Catalonia hanya sepihak dan menolak hasil  pemungutan suara oleh parlemen itu.

Penolakan Inggris dinyatakan oleh uru bicara kantor perdana menteri, Jumat (27/10/2017). Juru bicara mengatakan deklarasi itu didasarkan pada pemungutan suara yang sebelumnya telah dinyatakan ilegal.

“Kerajaan Inggris tidak dan tidak akan mengakui pernyataan kemerdekaan sepihak yang dilakukan oleh parlemen wilayah Catalonia,” kata juru bicara seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Senada, juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert mengatakan Berlin memperhatikan perkembangan situasi tersebut dengan keprihatinan.

Jerman pada Rabu (25/10/2017) mengatakan mendukung pemerintah Spanyol dalam persengketaan Madrid dengan para separatis di Catalonia dan Jerman tidak akan mengakui kemerdekaan hasil pemungutan suara oleh parlemen Catalonia.

Pemerintah Jerman menganggap bahwa pernyataan kemerdekaan secara sepihak merupakan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip kedaulatan dan kesatuan wilayah Spanyol.

Pemerintah Spanyol pada Jumat menerapkan pemerintahan langsung terhadap Catalonia, menggugurkan status ekonomi wilayah itu kurang dari satu jam setelah parlemen Catalonia menyatakan kemerdekaan wilayah tersebut.

“Pemerintah Jerman tidak mengakui pernyataan kemerdekaan seperti itu,” kata juru bicara.

Berlin mendukung “sikap jelas” Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy dalam upayanya mengembalikan ketertiban ketenangan dan ketertiban.

“Kami berharap bahwa semua pihak terkait akan memanfaatkan kemungkinan yang masih ada untuk melakukan dialog dan menurunkan ketegangan,” tambahnya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply