Suasana acara Festival Laguna Depok, Minggu (29/10/2017). Selain mendorong peningkatan pariwisatam festival ini menjadi monentum perayaan Sumpah Pemuda dan Pelantikan Pengurus Aeli. (Istimewa/Dok. Pribadi) Caption : Suasana acara Festival Laguna Depok, Minggu (29/10/2017). Selain mendorong peningkatan pariwisatam festival ini menjadi monentum perayaan Sumpah Pemuda dan Pelantikan Pengurus Aeli. (Istimewa/Dok. Pribadi)
Senin, 30 Oktober 2017 10:20 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Keseruan Fun Run 5K dari Pungut Sampah hingga Jelajah Wisata Pesisir

Puluhan peserta ramaikan Fun Run 5K

Jatengpos.com, BANTUL— Sebanyak 70 peserta meramaikan Amazing Race Fun Run 5K, salah satu rangkaian acara Festival Laguna Depok yang diadakan oleh Asosiasi Experiential Learning Indonesia (Aeli) DIY. Panitia sengaja memilih beberapa check point seperti Museum Geospacial, Gumuk Pasir dan Landasan Terbang untuk mempromosikan destinasi wisata tersebut.

Penanggungjawab Amazing Race Fun Run, Khoirul Anwar menyebut pemilihan lokasi check point memang dimaksudkan untuk lebih mengenalkan beberapa destinasi wisata tersebut kepada masyarakat yang lebih luas. Pasalnya meskipun mempunyai potensi wisata yang besar destinasi wisata yang letaknya masih dalam kawasan Pantai Depok-Parangtritis tersebut masih belum jadi destinasi utama di kawasan selatan. “Di landasan pacu itu contohnya kalau pagi bagus sekali, maka kami kenalkan lewat fun run ini,” ujarnya, Minggu (29/10/2017).

Cara tersebut, menurut Khoirul, sangat efektif. Nyatanya tak sedikit peserta fun run yang berasal dari luar wilayah DIY seperti Magelang dan Jakarta. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini akan dapat berkontribusi pada kunjungan wisata di DIY. “Target kami meramaikan objek wisata yang masih sepi. Tahun depan bisa di sini atau di tempat lain,” katanya.

Ketua Panitia AELI untuk Jogja, Sofyan Adhi menambahkan konsep fun run memang dibuat berbeda agar lebih menarik. Peserta dibekali dengan trashbag dan wajib membawa ponsel. Di sepanjang jalur lari, peserta wajib memunguti sampah yang ada di sekitar objek wisata tersebut dan berswafoto seunik mungkin. Pemenang fun run merupakan peserta yang berhasil mengumpulkan sampah sebanyak mungkin dan berswafoto terunik. “Ini salah satu cara kami mempromosikan Laguna Depok,” ucapnya.

Hal tersebut menurut Sofyan sesuai dengan target Dinas Pariwisata yang ingin mengembangkan Laguna Pantai Depok sebagai salah satu wisata perairan tenang yang potensial. Sehingga nantinya dapat dijadikan salah satu tujuan atraksi wisata air di wilayah selatan.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply