Caption : Ilustrasi Panwascam (JIBI/Dok.)
Sabtu, 28 Oktober 2017 20:19 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Pendaftaran Panwascam di Sleman Diperpanjang

Pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) diperpanjang hingga 30 Oktober

Jatengpos.com, SLEMAN-Pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) diperpanjang hingga 30 Oktober. Jumlah pendaftar hingga batas akhir sebelumnya belum memenuhi target 152 orang yang ditetapkan oleh Panwaslu Sleman.

Masa pendaftaran sebelumnya dibatasi hingga 26 Oktober sehingga mendapatkan tambahan waktu empat hari. Sampai penutupannya kemarin, baru ada 140 pendaftar anggota Panwascam.

Ketua Panwaslu Seman, Ibnu Darpito mengatakan, perpanjangan sebagai upaya mengoptimalkan peran masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam Pemilu. “Kami juga ingin mendapatkan pengawas terbaik yang mampu bekerja penuh waktu,” katanya Sabtu (28/10/2017).

Setidaknya diperlukan tiga orang pengawas di setiap kecamatan. Dengan demikian, total kebutuhan ialah 51 orang untuk 17 kecamatan di seluruh Sleman. Ibnu menerangkan ditargetkan ada sembilan pendaftar dari tiap kecamatan sehingga bisa dilakukan seleksi yang optimal.

Namun, masih ada sejumlah kecamatan yang pendaftarnya masih belum sesuai target. Kecamatan Berbah, Ngemplak, Cangkringan, Pakem, Minggir, Mlati dan Prambanan menjadi wilayah yang pendatarnya belum memenuhi kuota sembilang orang tersebut.

Calon panwascam diharuskan memiliki prinsip sebagai penyelenggara pemilu yang jujur, adil dan bebas dari kepentingan pihak manapun, kata Ibnu. Karena itu, masyarakat diminta memberi masukan soal pengawas yang lolos seleksi administrasi. Masukan dari masyarakat sangat penting berkaitan dengan rekam jejak pendaftar tersebut khususnya mengenai integritas dan netralitas yang bersangkutan.

Sementara itu, Vici Herawati, anggota Panwaslu Sleman divisi Sumber Daya Manusia (SDM) menegaskan jika seleksi ini terbuka untuk masyarakat umum di Sleman. Jumlah pendaftar yang cukup banyak dan kompetitif, dikatakan bisa berdampak pula pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

“Nanti benar-benar mereka yang cakap dan kompeten yang terpilih,” ujarnya.

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi juga sudah disampaikan melalui pengumuman di kantor kecamatan dan Panwaslu.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply