Siswa-siswi SD Komunitas Sekolah Kanisius sedang mengikuti lomba menggambar di halaman percetakan PT.Kanisius, Deresan Caturtunggal, Depok, Sleman. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja) Caption : Siswa-siswi SD Komunitas Sekolah Kanisius sedang mengikuti lomba menggambar di halaman percetakan PT.Kanisius, Deresan Caturtunggal, Depok, Sleman. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 28 Oktober 2017 19:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Ratusan Siswa Berpartisipasi Menyongsong 100 Tahun Kanisius

Ratusan siswa sekolah dasar dari (SD) se-DIY yang tergabung dalam Komunitas Sekolah Kanisius (KSK) mengikuti lomba paduan suara, Sabtu (28/10/2017) siang

Jatengpos.com, JOGJA– Ratusan siswa sekolah dasar dari (SD) se-DIY yang tergabung dalam Komunitas Sekolah Kanisius (KSK) mengikuti lomba paduan suara, Sabtu (28/10/2017) siang, di komplek percetakan PT. Kanisius di Jalan Cempaka, Deresan, Caturtunggal, Depok Sleman.

Selain lomba paduan suara juga ada lomba menggambar dan mewarnai antarsiswa SD Kanisius. Kegiatan tersebut untuk menyongsong 100 tahun usia Yayasan Kanisius pada 2018 mendatang. Yayasan Kanisius didirikan pada 1918 silam.

“Wujud syukur kami tunjukan dengan berbagai kegiatan yang mengasah talenta para siswa. Mengumpulkan energi posistif dalam membangun bangsa,” kata Direktur Yayasan Kanisius-Pendidikan Cabang Jogja, Romo Agustinus Mintara SJ, di sela kegiatan.

Total ada 300an siswa SD yang berpartisipasi dalam lomba menggambar dan mewarnai. Sementara lomba paduan suara diikuti enam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 30 orang. Selain itu ada juga lomba paduan suara khusus guru dan karyawan sekolah Kanisius yang diikuti enam kelompok.

Menariknya, dalam lomba paduan suara ini setiap kelompok peserta mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Mereka juga diharuskan membawakan lagu daerah selain lagu wajib Hymne Petrus Kanisius dan Gerej Bagai Bahtera, seperti lagu Malos Bunga-bunga, Hanacaraka, Dimido, dan Tudung Periuk.

Agustinus mengatakan hal itu sebagai bagian dari mengenalkan budaya indonesia yang beraneka ragam sehingga anak-anak Kanisius dan masyarakat pada umumnya lebih mencintai budaya Indonesia, menjaga toleransi keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak Agustus lalu dengan ziarah ke makam Romo Fransiskus Straeter SJ di Celeban, Umbulharjo. Selain itu ada bakti sosial donor darah, pemeriksaan kesehatan, seminar parenting, seminar kebahasaan, seminar pendidikan, dan puncak acara akan diisi pentas pelajar yang akan dipusatkan di kampus sanata Dharma.

Agustinus berharap rangkaian acara peringatan 100 tahun Yayasan Kanisius itu akan memberikan semangat dalam mendidik anak-anak tanpa kenal lelah. “Bersyukur Tuhan telah mendampingi kami dalam mendidik anak bangsa,”? ucap Agustinus.

Dalam acara Sabtu pekan lalu tersebut, komplek percetakan PT.Kanisius tidak hanya dipadati oleh peserta lomba, namun para guru, dan orang tua siswa juga ikut mendampingi sehingga jalan sekitar percetakan sempat padat. Sementara peserta perwakilan dari KSK Gunungkidul, Kulonprogo, Bantul, Sleman, dan Kota Jogja.

Pemenang lomba paduan suara siswa SD untuk juara pertama diraih oleh KSK Kota Jogja, Juara kedua KSK Kulonprogo, dan juara tiga KSK Bantul. Sementara paduan suara guru dan karyawan KSK Sleman Timur (juara 1), KSK Kota Jogja (juara 2), dan KSK Bantul (Juara 3).

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply