Pelepasan Balon Berhadiah Caption : Prosesi pelepasan balon dalam puncak perayaan ulang tahun SMAN 1 Bambanglipuro, 26 Oktober 2017. (IST/Dok SMAN 1 Bambanglipuro)
Selasa, 31 Oktober 2017 11:55 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Rayakan Ulang Tahun, SMAN 1 Bambanglipuro Gelar Berbagai Kegiatan

Ibnu mengatakan, untuk prestasi akademik, di antaranya adalah jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri makin meningkat

Jatengpos.com, BANTUL—SMAN 1 Bambanglipuro, Bantul menyelenggarakan berbagai macam kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-22. Salah satu lomba yang bersifat antar kelas ini yakni lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

Kepala Sekolah SMAN 1 Bambanglipuro H Ibnu Suhanda mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan prestasi sekolah selama 22 tahun terakhir ini. “Selama 22 tahun, banyak prestasi yang telah kami raih, baik prestasi akademik, maupun non akademik, seperti olahraga dan seni,” kata dia dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (31/10/2017).

Ibnu mengatakan, untuk prestasi akademik, di antaranya adalah jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri makin meningkat. Bahkan, untuk yang diterima tanpa tes pada tahun ini mencapai 26 siswa.

Ia menjelaskan, berbagai macam lomba digelar dalam rangka dies natalis ini. Kegiatan ini meliputi lomba paduan suara pada Senin (23/10/2017). “Dalam lomba ini semua kelas wajb menampilkan lagu wajib Indonesia Raya 3 stanza dan Mars SMAN 1 Bambanglipuro,” kata dia.

Selain itu, ada lomba gerak dan lagu pada Selasa (24/10/2017), lomba gerak jalan kreatif pada Rabu (25/10/2017) dengan mengambil rute di sekeliling lingkungan sekolah sejauh empat kilometer. “Semua siswa mengenakan kostum sesuai dengan tema dan kreativitas masing-masing kelas,” jelas dia.

Kegaitan dilanjutkan praktik kewirausahaan bagi Kelas XII. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman sekolah. Jenis dagangan siswa, antara lain empek-empek, batagor, cimol, mie ayam, bakso tusuk, kue-kue, beraneka macam minuman, dan makanan lainnya.

“Semua pedagang [kantin sekolah] dimohon tidak berjualan pada hari tersebut, sehingga semua siswa membeli dagangan kelas XII. Kegiatan ini juga dilombakan dengan kriteria inovasi makanan, kerja sama dalam kelompok, cara pengemasan dan nilai hieginis penyajian maupun pengolahannya,” kata dia.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Bambanglipuro Sukardi mengatakan, lomba ini hanya untuk internal siswa. Pihak sekolah menyediakan hadiah bagi para pemenang. Selain itu, ada juga lomba menghias tumpeng. Lomba ini dilaksanakan di laboratorium biologi. Masing-masing kelas mendapat subsidi dari sekolah Rp100.000. Siswa memasak nasi dan pelengkapnya di rumah dan tumpeng dihias di sekolah.

Ada juga, lomba kebersihan lingkungan dan kelengkapan kelas. Penilaian lomba ini dilaksanakan 16-25 Oktober 2017. Dalam hal ini lomba bersifat tidak menghias kelas tetapi melengkapi papan data yang ada di kelas sepeti kelengkapan gambar pahlawan, gambar Presiden dan  Wakil Presiden, Garuda, Visi Misi Sekolah, Bendera, dan lainnya. Selanjutnya, setiap kelas wajib memiliki taman yang dibuat, diperindah, dan dijaga anggota masing-masing kelas.

“Upacara Puncak dan Pelantikan Pengurus OSIS Periode 2017/2018 dilaksanakan Kamis [26/10/2017] mulai pukul 07.00 WIB. Selain upacara dan pelantikan pengurus OSIS juga dimeriahkan dengan pelepasan balon berhadiah dan pentas seni dengan menghadirkan bintang tamu Javaska Band. Balon berhadiah jatuh di Pantai Baru dan ditemukan nelayan,” kata dia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply