Solo Techno Park. (JIBI/Solopos/Dok.) Caption : Solo Techno Park. (JIBI/Solopos/Dok.)
Sabtu, 28 Oktober 2017 12:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Science Techno Park Jateng Didesain Ulang

Science Techno Park Jateng belum akan segera dibangun karena akan didesain ulang.

Jatengpos.com, SEMARANG — Pusat penerapan berbagai bidang teknologi berupa Science Techno Park di Provinsi Jawa Tengah tak bakal segera dibangun. Rancangan taman teknologi itu bakal didesain ulang dengan dalih menerapkan  inovasi bentuk, pembenahan, dan meningkatkan daya saing.

“Kami telah melakukan evaluasi terhadap perkembangan Techno Park di Jateng pada kuartal pertama 2017, hasilnya Pemprov Jateng mengambil inisiatif untuk me-redesign melalui satu Peraturan Gubernur yang menjadi panduan penyelenggaraan Techno Park di provinsi setempat,” kata Kepala UPP Iptekin Bappeda Provinsi Jawa Tengah Hatta Hatnansya Yunus di Kota Semarang, Jumat (27/10/2017).

Menurut dia, dengan adanya desain ulang ini diharapkan lahir sebuah payung hukum berupa konsep Peraturan Gubernur tentang pengembangan Techno Park di Jateng sehingga tahap selanjutnya dari pengembangannya berupa penyusunan rencana kerja serta model kolaborasi antar-Techno Park agar dapat dijalankan secara terstruktur hingga 2019.

Ia menjelaskan bahwa dalam proses penyusunannya membutuhkan masukan dari para pemangku kepentingan agar dapat tersusun payung hukum yang komprehensif dan selaras dengan kondisi Provinsi Jawa Tengah.

Ia menyebutkan, beragam tantangan dalam mewujudkan Techno Park yang ideal telah diidentifikasi melalui evaluasi yang telah dilakukan.

Evaluasi tersebut antara lain, meliputi struktur kelembagaan, ketergantungan terhadap APBN maupun APBD, belum tersedianya sumber inovasi hingga rendahnya partisipasi unsur akademisi, bisnis, pemerintah dan masyarakat/komunitas dalam Techno Park.

“Muara dari tantangan itu sebenarnya adalah belum tersedianya payung hukum tentang Techno Park, yang menjadi panduan dalam pendirian dan pengelolaannya. Itulah yang sekarang menjadi fokus utama,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, Techno Park memang telah menghasilkan riset dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat serta kemudian dikomersialisasikan ke industri untuk menunjang pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jateng ingin meningkatkan fungsi Techno Park agar lebih maksimal karena jelas manfaatnya sangat besar dalam pengembangan perusahaan pemula berbasis teknologi dan inovasi,” katanya.

Saat ini, sudah ada sejumlah techno park di Provinsi Jateng. Taman-taman teknologi itu adalah Marine Science Techno Park di Jepara, Solo Techno Park, Digital Science Techno Park di Kota Semarang, Sragen Techno Park, Agrotechno Park Klaten, dan Techno Park Pangan di Kabupaten Grobogan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply