Caption : FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Albert Gea)
Rabu, 31 Januari 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Spanyol Share :

BURSA TRANSFER
Barcelona Bukan Tim yang Pintar Jualan

Bursa transfer diwarnai dengan Barcelona yang dianggap tak pandai menjual pemain.

Jatengpos.com, BARCELONA – Barcelona boleh saja menahbiskan diri sebagai salah satu tim terkuat di Eropa musim ini. Itu terbukti raksasa Catalan menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di antara tim-tim lain di lima liga paling top Benua Biru pada 2017/2018.

Meski demikian, raksasa Catalan bukan tim yang “berprestasi” dalam hal jualan pemain di bursa transfer musim dingin ini. Barca melepas delapan pemain pada Januari ini, di antaranya Javier Mascherano, Gerard Deulofeu, Arda Turan, dan Rafinha.

Namun, hanya Mascherano yang mampu memberi pemasukan bagi Barcelona. Itu pun harganya tergolong murah. Mascherano dijual ke klub Tiongkok, Hebei China Fortune, dengan banderol 5,5 juta euro atau sekitar Rp91,6 miliar.

Harga itu jelas jauh dari kata cukup untuk menutup pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool seharga 142 juta poundsterling (Rp2,5 triliun), Januari 2018 ini. Harga itu menjadikan Coutinho sebagai pemain termahal kedua dunia setelah Neymar ketika hengkang dari  Barcelona dengan banderol 222 juta euro (3,3 triliun) ke Paris Saint Germain (PSG), musim panas lalu.

“Operation Exit” pemain-pemain Barca yang terbilang gagal mendatangkan untung besar itu mendapat sorotan dari media yang berbasis di Catalan, Sport. Dalam ulasannya, Sports menilai Blaugrana, julukan Barca, seharusnya bisa mendapatkan sekitar 40 juta euro (Rp666,3 miliar) hingga 60 juta euro (Rp999,4 miliar) dari pelepasan tujuh pemain itu.

Pelepasan Ardan Turan, Rafinha, dan Deulofeu menjadi yang paling disorot Sport. Turan pindah ke klub Turki, Basaksehir dengan status pinjaman. Setali tiga uang, Rafinha dipinjamkan ke Inter Milan dan Deulofeu dipinjamkan Watford.

Padahal Deulofeu didatangkan Barcelona dari Everton tidak cuma-cuma. Dia dibeli dari Everton dengan banderol 12 juta euro, musim panas lalu. Tapi hanya sekitar setengah tahun di Camp Nou, Deulofeu kembali ke Liga Premier karena gagal bersaing dengan bintang-bintang Barcelona.

“Saya mendapatkan tawaran lain, namun saya pikir Watford tim yang sempurna untukku,” jelas Deulofeu, seperti dilansir Barcablaugranes.com.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply